28 C
Semarang
, 26 July 2021
spot_img

1268 Calon Jamaah Haji Dari Demak Batal Berangkat

Demak, Jatengnews.id – Sebanyak 1268 calon jamaah haji dari Demak, Jawa Tengah batal berangkat haji tahun ini. Hal tersebut disebabkan peraturan pemerintah sebagai upaya pencegahan penularan Covid-19 yang masih belum terkendali hingga saat ini.

“Yang sudah melakukan pelunasan tahun 2021 ini ada 1268 (calon jemaah haji),” jelas Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umroh, Kantor Kemenag Demak, Rahmi Indah Suciati saat ditemui di kantornya, Selasa (8/6/2021).

Indah menjelaskan, jumlah tersebut merupakan jumlah calon haji (Calhaj) yang batal berangkat tahun ini dan kemarin. Mengingat Arab Saudi belum juga membuka layanan haji dengan adanya Covid-19 ini. Selain itu Pemerintah Indonesia juga menunda keberangkatan akibat Covid-19 sebanyak dua kali ini.

Kendati demikian, pihaknya mengungkap tidak ada calhaj dari 1268 tersebut yang mengajukan penarikan dana. Dirinya menyebut mayoritas jamaah haji dari Demak dari usia lanjut, 65 tahun ke atas.

BACA JUGA:  DPRD Karanganyar Dorong Pemerintah Perpanjangan PPKM Darurat Diikuti Perubahan Skema Penanganan

“Kalau dari jumlah tersebut belum ada yang mengajukan penarikan. Kalau kendala penundaan keberangkatan itu biasanya karena sakit, karena haji (calhaj) dmdari Kabupaten Demak itu kan banyak yang usia lanjut,” ujar Indah.

Dirinya menambahkan, jumlah 1268 calhaj tersebut merupakan pendaftar haji sejak Desember 2011 dan Januari 2012. Dengan adanya penundaan ini, lanjutnya, otomatis jadwal keberangkatan calhaj mundur lagi.

BACA JUGA:  PPKM Darurat Karanganyar, Bupati Secara Pribadi Tak Tega Tutup PKL

Selain itu, dirinya menerangkan, jadwal keberangkatan calhaj yang mendaftar tahun ini dijadwalkan keberangkatan pada tahun 2048.

“Namun jika ada penundaan otomatis mundur lagi,” terangnya. (Sai-01).

Berita Terkait

Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img

Berita Pilihan