27 C
Semarang
, 22 March 2023
spot_img

Pemdes Sumberejo Musyawarah Persiapan Ramadan dan Idul Fitri

Demak, Jatengnews.id – Pemerintah Desa Sumberejo, Kecamatan Mranggen, Kabupaten Demak menggelar rapat tentang Panduan Ibadah Ramadan dan Idul Fitri 1442 H/2021 M di Balai Desa Sumberejo, Minggu  (11/4/2021).

Rapat dipimpin langsung Kepala Desa Sumberejo Supriyadi, dihadiri Ketua BPD Kasturi, Babinsa Desa Sumberejo Koramil 12/Mranggen Kodim 0716/Demak Serka Sudanto, Bhabinkamtibmas, Ketua LKMD Sumitro, Sekdes Hambali dan diikuti anggota BPD, LKMD, Ketua RW dan RT, Tomas dan Toga Desa Sumberejo.

Supriyadi mengatakan, rapat digelar dalam rangka menindaklanjuti Surat Edaran (SE) Kementrian Agama Republik Indonesia No 3 Tahun 2021 tentang Panduan Ibadah Ramadan dan Idul Fitri 1442 H/2021 M di tengah adanya pandemi Covid-19.

SE bertujuan untuk memberikan panduan beribadah yang sejalan dengan protokol kesehatan, sekaligus untuk mencegah, mengurangi penyebaran dan melindungi masyarakat dari resiko terpapar Covid-19.

Dijelaskan, SE meliputi berbagai kegiatan ibadah yang disyariatkan dalam bulan Ramadhan yang dilakukan bersama-sama atau yang melibatkan banyak orang.

“Untuk itu kita gelar musyawarah bersama dengan melibatkan berbagai unsur dan elemen yang ada di Desa Sumberejo,” jelasnya.

Setelah dilaksanakan rapat, dengan menimbang dari berbagai aspek yang ada, rapat menghasilkan beberapa poin penting sebagai panduan pelaksanaan ibadah selama Ramadhan dan Idul Fitri 1442 H/2021 M Desa Sumberejo.

Diantaranya, pengurus masjid atau mushola wajib menyiapkan standar protokol Covid-19, yaitu menyediakan tempat cuci tangan dengan sabun di depan masjid atau mushola. Melaksanakan penyemprotan disinfektan minimal sehari sekali, mewajibkan jamaah untuk menjaga jarak dan menggunakan masker.

Poin selanjutnya yaitu pengajian, ceramah, tausyiah, kultum Ramadhan dilaksanakan paling lama 15 menit. Warga dilarang menggelar buka puasa bersama atau sahur bersama.

Dan terakhir terkait pelaksanaan Sholat Idul Fitri, pelaksanaannya dilaksanakan di masjid atau lapangan dengan tetap mematuhi standar protokol kesehatan yang ketat, serta untuk silaturahmi dengan saudara dan tetangga, juga harus melihat protokol kesehatan.

Serka Sudanto menambahkan, bahwa semua aktifitas ibadah selama bulan Ramadhan harus tetap mengacu pada protokol kesehatan yang ada, sehingga meminalisir penyebaran Covid-19 di Desa Sumberejo.

“Selamat memasuki bulan puasa Ramadhan, jalankan ibadah dengan kyusu’, dan selalu patuhi protokol kesehatan dimanapun dan kapanpun,” tegasnya (Zaidi-02)

Berita Terkait

Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img

Berita Pilihan