32 C
Semarang
, 23 September 2023
spot_img

Green House Kodim Demak Jadi Trendsetter Metode Budidaya Tanaman Hidroponik

Demak, Jatengnews.id РTurut sukseskan swasembada pangan, Kodim 0716/Demak lakukan pembudidayaan tanaman hidroponik  diseputaran komplek Kodim Demak dengan membangun tempat khusus yang disebut Green House.

Hidroponik adalah budidaya menanam dengan memanfaatkan air tanpa menggunakan tanah, menekankan pada pemenuhan kebutuhan nutrisi bagi tanaman. Kebutuhan air pada hidroponik lebih sedikit dari pada kebutuhan air pada budidaya dengan tanah, hal ini sangat cocok pada area yang memiliki pasokan air terbatas, terlebih saat musim kemarau tiba.

Green House pun saat ini telah menjadi pembicaraan khalayak umum terutama masyarakat Kota Demak. Terbukti dengan adanya beberapa orang maupun kelompok yang sengaja datang untuk belajar mengelola perkebunan hijau sederhana tersebut.

Komandan Kodim 0716/Demak Letkol Arh Mohamad Ufiz mengungkapkan, pihaknya mencoba membudidayakan tanaman hidroponik ini diseputaran komplek Kodim Demak dengan menggunakan bahan-bahan yang sederhana seperti pralon, elbow, dan gelas bekas air mineral yang dibentuk sedemikian rupa.

“Ada beberapa instansi mulai datang berkunjung seperti BPBD, Satpol PP serta mahasiswa dan pelajar untuk melaksanakan safari edukasi, yakni menanam, memanen, serta mengemas sayuran yang di hasilkan dari metode tanam hidroponik,” terangnya, Minggu (18/4/2021).

Letkol Arh Mohamad Ufiz menambahkan, keberadaan perkebunan hijau di Kodim 0716/Demak bisa menjadi terobosan dan menciptakan image baru bagi kodim-kodim lainnya yang berada di wilayah perkotaan.

Selain itu metode ini dapat dimanfaatkan baik anggota maupun masyakarat umum, untuk menanam sayur-sayuran di pelataran ataupun samping rumah mereka yang luas lahannya terbatas.

“Jenis tanaman yang di tanam di Green House Kodim 0716/Demak adalah jenis sayuran selada, bayam, bayam brazil, kangkung, daun mint serta pengembangan tanaman cabe,” jelasnya.

Lebih lanjut Dandim Demak Letkol Arh Mohamad Ufiz menjelaskan, pada saat panen berbagai sayuran yang ditanam dengan media hidroponik ternyata bisa tumbuh subur. Juga tentunya sayuran tersebut lebih sehat dan segar karena merupakan sayuran organik. 

Pihaknya pun bersemangat untuk berbudidaya menggunakan media Hidroponik, karena cara budidaya yang simpel dan tidak memakan tempat sebagai medianya.

“Hasil panen juga dibagikan kepada warga di sekitar lingkungan Kodim.” pungkasnya. (Nizar-01).

Berita Terkait

Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img

Berita Pilihan