28 C
Semarang
, 8 December 2022
spot_img

Taj Yasin: Al-Azhar IIBS Karanganyar Harus Bisa Cetak Santri Entrepreneur.

Karanganyar,Jatengnews.id – Wakil Gubernur Jawa Tengah Taj Yasin Maimoen berharap agar keberadaan Al Azhar International Islamic Boarding School (IIBS) di Kabupaten Karanganyar, semakin mewarnai dan memajukan pendidikan keagamaan di Jawa Tengah.

Menurut Taj Yasin, sekolah asrama yang baru dibuka Juli 2021 itu, tidak hanya mencetak ulama dan penghafal Al-Qur’an, namun juga santri yang memiliki jiwa entrepreneur.

Hal itu disampaikan Wakil Gubernur Jawa Tengah Taj Yasin Maimoen yang didampingi Bupati Karanganyar Juliyatmono bersama wakil bupati Rober Christanto usai meresmikan Masjid Al- Fatih Al Azhar di Karanganyar, Selasa (19/10/2021).

Menurut Taj Yasin, Al Azhar IIBS yang berada di Desa Salam, Kecamatan Karangpandan Kabupaten Karanganyar merupakan kerja sama antara Yayasan Pesantren Islam Al Azhar dengan Ponpes Isy Karima.

“Al Azhar IIBS ini tidak hanya mencetak ulama, mencetak hafidz, tapi juga entrepreneur serta yang didedikasikan di pemerintahan. Artinya semua ada dan kami sangat senang,”ujarnya.

Dikatakannya, manajemen dan program pendidikan dikelola secara profesional, juga sangat memperhatikan protokol kesehatan pencegahan penularan Covid-19.

“Penerapan protokol kesehatan sangat ketat. Setiap guru ada ruangan khusus dan tertutup, karena mereka menganggap gurunya ini tidak semuanya di asrama atau masih sering interaksi dengan masyarakat sehingga mereka dikurung,”jelasnya.

Taj Yasin berharap agar daerah lain di Jawa Tengah juga dapat mengembangkan pendidikan pesantren berstandar internasional.
Sehingga ke depan,Taj Yasin menuturkan, dapat menghasilkan insan Islami yang memiliki pengetahuan luas dan mampu bersaing di berbagai bidang di dunia internasional.

Terpisah, CEO Al Azhar IIBS, Kartika Dewi Anggraini menyatakan, salah satu tujuan pendirian sekolah asrama pada tahun 2020 tersebut ingin membuat sistem pendidikan yang keluar dari patron-patron konvensional. Yakni pembelajaran Al-Qur’an sehingga semua menjadi hafidz, adab terbaik, serta mempunyai konsep dan pemikiran internasional.

“Alhamdulillah satu tahun sejak rencana itu digulirkan, kita membuat rencana matang, dan penelitian-penelitian akhirnya gedung ini satu tahun bisa berdiri. Alhamdulillah Gus Yasin meresmikan salah satu bangunannya yaitu Masjid Al Fatih,” ungkapnya. (Iwan-01).

Berita Terkait

Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img

Berita Pilihan