28 C
Semarang
, 8 December 2022
spot_img

Perkuat Sinergitas, Dindagkop UKM Demak Gelar Pertemuan Triwulan Keluarga Besar UMKM Demak Kota Wali

Demak, Jatengnews.id – Dinas Perdagangan Koperasi dan UKM (Dindagkop UKM) Kabupaten Demak menggelar pertemuan triwulan dengan keluarga besar forum UMKM Demak Kota Wali, Senin (30/5/2022).

Kegiatan yang dilaksanakan di sentra ekonomi Buko Kecamatan Wedung di ikuti UMKM dari 14 Kecamatan di Kabupaten Demak. Pertemuan triwulan yang juga sebagai ajang halal bihalal diramaikan dengan bazar UMKM.

Baca juga: Segera Revitalisasi Pasar Sayung, Dindagkop UKM Demak Gelar Sosialisasi

Terlihat produk UMKM Kabupaten Demak terjejer rapi dan menarik menyapa tamu yang akan mengisi daftar hadir. Sehingga tak bisa dipungkiri beberapa dari pengunjung menyempatkan diri melihat hingga menawar produk UMKM.

Mengusung tema “Awali produktivitas dengan bersih hati, pikiran, dan langkah menuju kesejahteraan bersama” berlangsung sangat meriah. Ditambah dengan adanya berbagai doorprize menarik yang siap dibawa pulang menambah semangat pelaku UMKM.

Menurut Kepala Seksi UMKM Dindagkop UKM Demak, Sunarto menyampaikan, kegiatan dilaksanakan bertujuan agar pelaku UMKM Kabupaten Demak bisa selalu kompak dan saling mendukung satu sama lainnya. Sehingga tercipta perputaran perekonomian maupun produk yang bagus dari sektor UMKM.

“UMKM Demak ini telah kompak dan perlu ditingkatkan lagi. Kita perlu merawat dan mendukung apa yang menjadi tujuan maupun visi UMKM Demak Kota Wali kedepannya agar semakin berjaya,” terangnya.

Pemerintah Kabupaten Demak, kata Sunarto, telah memberikan banyak fasilitas untuk para pelaku UMKM. Baik dari sisi permodalan, pelatihan, hingga pemasaran. Oleh karena itu, pihaknya meminta agar UMKM memanfaatkan kesempatan tersebut sebaik mungkin.

“Kami selaku pembina dan UMKM selaku mitra harus saling koordinasi dengan baik. Dengan adanya berbagai fasilitas dari pemerintah juga harus dimanfaatkan dengan baik agar usaha bisa kian pesat,” terangnya.

Kepala Seksi UMKM Dindagkop UKM Demak, Sunarto berikan paparan pada pertemuan triwulan keluarga besar UMKM Demak Kota Wali. (Foto: Nizar)

Lanjut Sunarto, pemerintah pusat telah mendorong pemerintah daerah agar turut menggunakan produk lokal dari UMKM. Sehingga pihaknya meminta UMKM bisa produktif dan mampu memenuhi kebutuhan pasar.

“Untuk itu mohon dimanfaatkan karena pemerintah harus memakai produk dalam negeri. Baik sektor makanan maupun lainnya. Jadi kuantitas, kualitas dan kontinuitas harus dijaga dengan benar,” tegasnya.

Sementara itu, Camat Wedung Mulyanto menuturkan, UMKM adalah soko guru atau pilar ekonomi di Kabupaten Demak. Karena adanya UMKM perkonomian bisa stabil bahkan akan lebih meningkat lagi jika dibarengi dengan peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM).

“Kami menyambut baik adanya kegiatan seperti ini. Dalam mengembangkan usaha kita tidak bisa berkembang sendiri, tapi harus kolaborasi bersama-sama, contohnya melalui forum seperti ini,” paparnya.

Kedepannya, menurut Mulyanto, selain mengeluarkan produk makanan atau kerajinan, UMKM Demak bisa mengeluarkan produk jasa yang saat ini sangat dibutuhkan. Selain itu, UMKM juga harus sering-sering melakukan promosi baik secara masif via media sosial maupun platform lainnya.

Baca juga: Dindagkop Demak akan Gelar Operasi Pasar Minyak Goreng

“Selalu memblow up diri agar orang tertarik baik melalui sosial media maupun platform lainnya.

Terus semangat mengembangkan usaha,” tegasnya.

“Belum dikatakan sukses kalo jatuh sekali. Doanya tidak jatuh. Tapi yang namanya usaha pasti naik turun. Kalo sudah biasa naik turun kedepannya bisa berkembang bagus asal tidak kapok. Semakin kompak, semakin kuat posisi UMKM,” pungkasnya. (Adv/Nizar-02)

Berita Terkait

Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img

Berita Pilihan