27 C
Semarang
, 8 December 2022
spot_img

Tingkatkan Daya Saing Produk, UMKM Demak Ikuti Sosialisasi Sertifikasi Halal

Semarang, Jatengnews.id – Pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) di Kabupaten Demak mengikuti sosialisasi fasilitasi pengurusan sertifikasi halal di Aula serba guna Dinas Perdagangan Koperasi dan UKM (Dindagkop UKM), Rabu (07/09/2022).

Pelatihan yang difasilitasi Dindagkop UKM itu bekerja sama dengan LPPOM Majelis Ulama Indonesia Jawa Tengah.

Baca juga: 40 Pelaku UMKM Demak Antusias Ikuti Sosialisasi Pengadaan Barang dan Jasa

Berdasarkan Undang Undang Nomer 33/2014 tentang Jaminan Produk Halal, produk yang masuk, beredar, dan diperdagangkan di wilayah Indonesia wajib bersertifikat halal. Yang dimaksud dengan produk adalah barang dan/atau jasa yang terkait dengan makanan, minuman, obat, kosmetik, produk kimiawi, produk biologi, produk rekayasa genetik, serta barang gunaan yang dipakai, digunakan, atau dimanfaatkan oleh masyarakat.

Menurut Kepala Seksi UMKM Dindagkop UKM Demak, Sunarto, sertifikasi halal penting bagi produk UMKM untuk pengembangan dan peningkatan mutu agar mampu bersaing.

Sosialisasi sertifikasi halal.(Foto:ist)

“Selain itu UMKM juga dituntut untuk melek telnologi agar bisa mengakses situs-situs untuk membantu dan mendukung perkembangan serta peningkatan produknya,” tegasnya. 

Dengan begitu, para pelaku UMKM mendapat kesempatan untuk bisa berkontribusi dan ikut serta dalam proses pengadaan di Pemerintah Kabupaten Demak.

Lanjut Sunarto, kegiatan sosialisasi sertifikasi halal sangat penting bagi produk para pelaku UMKM Kabupaten Demak mengingat masih banyak pelaku UMKM Kota Wali yang perlu mendapat pencerahan, informasi yang valid dari sisi kriteria, mekanisme, proses dan yang lainnya. 

Baca juga: Perkuat Sinergitas, Dindagkop UKM Demak Gelar Pertemuan Triwulan Keluarga Besar UMKM Demak Kota Wali

Sementara itu, salah satu peserta sosialisasi Sertifikasi Halal, Siti Mastoah merasa bersyukur atas pelatihan ini. Baginya pelatihan yang digelar selama sehari ini penting sekali untuk para pelaku usaha bisa ke level yang lebih tinggi lagi.

“Semoga program ini dapat terus berjalan dengan baik dan dapat terus bermanfaat bagi para pelaku UMKM Kabupaten Demak,” pungkasnya. (Adv/Nizar-02)

Berita Terkait

Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img

Berita Pilihan