28 C
Semarang
, 8 December 2022
spot_img

Dukung Program Sapi Sehat, Babinsa Sidorejo Dampingi Pendataan dan Pemberian Barcode

Demak, Jatengnews.id – Guna mendukung program sapi sehat, Babinsa Sidorejo dampingi pendataan dan pemberian barcode terhadap sapi-sapi milik peternak di Demak.

Terobosan teknologi dengan memasang barcode digital terhadap sapi terus dikembangkan oleh pemerintah, hal itu dilakukan guna membantu masyarakat untuk mengetahui secara detail riwayat hewan ternak.

Tim Dinas Pertanian dan Peternakan dibantu Babinsa dan Bhabinkamtibmas melakukan pendataan dan pemberian barcode ternak sapi. Salah satunya dilaksanakan di Desa Sidorejo, Kecamatan Karangawen.

Baca juga: Polemik Pilkades Desa Wonokerto, Ketua DPRD Demak Angkat Bicara

Babinsa setempat, Serda Ahmad Jumadi mengatakan, pendampingan yang ia lakukan sebagai wujud sinergitas dengan instansi lain guna memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

Menurutnya, pemberian barcode yang dilaksanakan Dinas Pertanian dan Peternakan juga mempermudah masyarakat untuk mendapatkan informasi seputar ternak dengan menggunakan smartphone.

“Pemberian barcode sapi ini untuk memudahkan para peternak atau pembeli hewan untuk mengetahui asal usul dan kondisi dari hewan. Oleh karenanya saya bersama Bhabinkamtibmas turut hadir disini,” terangnya, Senin (19/9/2022).

kode barcode digital, lanjut dia, yang terbuat dari plastik tersebut akan dipasang di telinga hewan ternak untuk memantau secara detail sapi-sapi di wilayah Kecamatan Karangawen, khususnya desa Sidorejo.

Barcode tersebut memuat informasi detail mengenai sapi akan muncul, misalnya soal riwayat sapi, kesehatannya, asupan obat termasuk dosis yang diberikan ke ternak dapat diketahui.

Selain itu, informasi mengenai vaksin terhadap ternak yang sudah diberikan, dan riwayat reproduksi juga akan tersaji secara runtut.

Baca juga: Main ke Demak Manfaatkan Sipartali, Informasi Kuliner, Wisata hingga Homestay Lengkap

“Saya yakin langkah ini sangat tepat. Warga tinggal men-scan dengan aplikasi di HP, maka data sapi akan secara lengkap muncul,” tandasnya.

Demikian informasi, Babinsa Sidorejo dampingi pendataan dan pemberian barcode terhadap sapi-sapi milik peternak di Demak. (Zaidi-01)

Berita Terkait

Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img

Berita Pilihan