28 C
Semarang
, 8 December 2022
spot_img

Segar Gurihnya Sego Kropohan, Kuliner Khas Demak yang Mulai Langka

Demak, Jatengnews.id – Nasi atau sego kropohan merupakan kuliner khas Kabupaten Demak yang cukup legendaris, namun sayang sampai saat ini mulai langka dan jarang dijumpai

Sekilas nasi kropohan sendiri menyerupai sayur lodeh berbumbu santan dan berisi sayur nangka muda dan daging kerbau sebagai bahan utamanya.

Meski terlihat sederhana, tapi soal rasa gurih dan segarnya dijamin menggoyang lidah dan nagih. Untuk itu tak heran jika kuliner ini banyak diburu oleh masyarakat.

Baca juga: Nikmatnya Sego Kropohan, Sajian Daging Kerbau Khas Demak

Minimnya warung yang menjual menu Nasi Kropohan bukan tanpa alasan, konon dalam pembuatan sajian satu ini memiliki resep dan kerumitan tersendiri, sehingga perlu keahlian khusus.

Di Demak sendiri warung atau tempat makan yang sampai saat ini masih menyediakan menu Nasi Kropohan antara lain WM Seger Waras di Jalan Bhayangkara dan Warung Krapyak Bintoro.

Sajian sego kropohan kuliner khas Kabupaten Demak. (Foto: Zaidi)

Pemilik Warung Makan Seger Waras, Sutomo Yunita mengatakan, pada zaman dahulu tidak menggunakan daging kerbau melainkan kulitnya.

Sebab pada masa itu, daging kerbau merupakan sajian mewah yang hanya disediakan bagi kaum bangsawan dan ningrat.

Sementara untuk penamaan kropoh sendiri berarti di campur, untuk sayur sendiri bisa menggunakan labu atau nangka muda.

Baca juga: Mengicipi Sego Kropohan, Olahan Daging Kerbau Khas Demak yang Menggoyang Lidah

“Kropoh itu artinya campur, dahulu pakai nangka muda atau labu putih,” ujarnya kepada Jatengnews.id saat ditemui di warungnya, Sabtu (24/9/2022).

Yunita menyebut, Sego Kropohan sengaja dicampur dengan sayur agar menjadi banyak, karena saat perayaan atau hajatan di masa lampau masyarakat juga bisa mencicipi.

Untuk harga pun cukup ramah di kantong, satu porsi Segi Kropohan di WM Segar Waras misalnya hanya mematok Rp 15 ribu sudah lengkap nasi dan lauknya yang terpisah. (Adv/Zaidi-02)

Berita Terkait

Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img

Berita Pilihan