29 C
Semarang
, 7 December 2022
spot_img

Datang Langsung ke Demak, Turis Turki Cicipi Kuah Gurami Singkil

Demak, Jatengnews.id – Seorang turis dari negara Turki, Nurten Bilqis jauh-jauh datang ke Indonesia hanya untuk mencicipi masakan khas Jawa tepatnya di Kabupaten Demak, Jumat (11/11/2022)

Pemilik Warung Lesehan Kampung Tani Demak, Eko mengungkapkan, kedatangan turis dari Turki setelah melihat postingan Facebook sajian makanan miliknya.

Baca juga: Ini Wisata Kuliner Demak yang Wajib Food Hunter Cobain

“Jauh dari Turki minta nomor telfon saya, pengen mencicipi makanan yang ada di Indonesia,” katanya kepada Jatengnews.id.

Menurutnya salah satu menu yang diminati turis asal Turki itu adalah Kuah Gurami Singkil dari menu utama warungnya.

Dikatakan Kuah Gurami Singkil sendiri terbuat dari ikan segar gurami yang kemudian dibumbui dengan rempah-rempah Jawa dan daun singkil.

“Ternyata lidah ibu Nurten Bilqis ini sangat cocok dengan masakan ala Jawa, bahkan saya mau diajak ke Turki untuk membuka resto seperti ini,” kata Eko.

Baca juga: Asrinya Taman Kali Tuntang Demak, Bisa Santai Sambil Kulineran

Eko menyebut, singkil adalah dedaunan istilah yang digunakan orang dulu untuk masakan kuah, dan daun singkil tersebut juga memiliki banyak manfaat.

“Pokoknya bisa menghangatkan tubuh, daun singkilnya itu ada rasa asem yang segar, pokoknya cocoklah untuk cuaca hujan seperti ini,” tukasnya.

Adapun masakan sejenis sup ikan itu dihargai Rp 11 ribu per ons atau setiap 100 gr. Para pelanggan bisa memilih sendiri ukuran yang akan dimasak. (Zaidi-02)

Berita Terkait

Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img

Berita Pilihan