27 C
Semarang
, 8 December 2022
spot_img

Piala Dunia 2022 : Protes Larangan LGBT, Tiga Negara Ancam Keluar FIFA

Jatengnews.id – Protes peraturan larangan LGBT oleh tuan rumah Piala Dunia 2022 Qatar, tiga negara ini ancam akan tinggalkan Federasi Sepakbola dunia, FIFA.

Tiga negara yang mengancam keluar dari FIFA tersebut yaitu Inggris, Denmark, dan Jerman.

Inggris, Denmark, dan Jerman. Tiga negara itu mengancam akan meninggalkan FIFA karena tuan rumah Piala Dunia 2022 Qatar melarang kampanye LGBT.

Dilansir dari Sport Bible, Denmark berencana mengadakan pertemuan dengan negara-negara UEFA lainnya mengenai kemungkinan meninggalkan FIFA, menyusul keputusan otoritas sepak bola dunia itu selama Piala Dunia di Qatar.

Baca juga : Uruguay Vs Korea Selatan: Son Heung-min Bakal Main? Ini Penjelasan Pelatih Korea Selatan

Menjelang kick off Piala Dunia 2022, tujuh negara menulis surat kepada FIFA. Surat itu berisi alasan mereka ingin menggunakan ban kapten pelangi untuk mendukung hak-hak LGBT.

Tapi FIFA gagal menampung aspirasi ketujuh anggotanya itu. FIFA gagal melakukan lobi terhadap pemerintah Qatar yang dengan tegas menolak segala bentuk kampanye LGBT yang terlarang di negaranya.

Kemudian FIFA merespons keinginan Qatar dengan melayangkan larangan serta ancaman sanksi kartu kuning kepada kapten tim yang nekat menggunakan ban kapten pelangi.

Kapten tim Inggris, Harry Kane, yang semula ngotot untuk mengenakan ban kapten pelangi jelang lawan Iran, terpaksa membatalkan niatnya.

Baca Juga : Jadwal SCTV Hari Ini 24 November 2022, Cek Jam Tayang Piala Dunia, Ada Korea Selatan dan Portugal

Ketua FA Denmark (DBU) Jesper Moller mengungkapkan siap menggelar pertemuan dengan 55 negara anggota UEFA untuk membahas kemungkinan meninggalkan FIFA.

“Ini bukan keputusan yang dibuat sekarang. Kami sudah menjelaskan ini sejak lama bahkan telah mendiskusikannya di kawasan Nordik sejak Agustus,” kata Moller dikutip Sport Bible.

“Saya sudah memikirkannya lagi dan membayangkan adanya tantangan jika Denmark pergi sendiri. Tapi, mari kita lihat apakah kita tidak bisa berdialog tentang berbagai masalah,” ujarnya.

Moller menyebut, sejumlah negara anggota FIFA mulai tidak percaya dengan kepemimpinan Gianni Infantino. Denmar dengan tegas mengatakan tak akan memilih Infantino di masa mendatang.

Halaman selanjutnya.....

Berita Terkait

Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img

Berita Pilihan