27 C
Semarang
, 8 December 2022
spot_img

Tata Cara Doa Ziarah Kubur dan Adab Wanita Haid Saat Ziarah Kubur, Silakan Simak Selengkapnya

Jatengnews.id – Berikut kami informasikan mengenai tata cara doa ziarah kubur dan adab wanita haid saat ziarah kubur, silakan simak di sini, lengkap!

Artikel ini akan membahas tata cara doa ziarah kubur dan adab wanita haid saat ziarah kubur.

Bagi Anda wanita yang sedang haid, baca tata cara doa ziarah kubur dan adab wanita haid saat ziarah kubur, hingga selesai.

Berdasarkan Hadis Shahih Muslim No. 1623 – Kitab Jenazah berikut kutipan terkait bacaan doa ziarah kubur.

Baca jugaTata Cara Bacaan Ziarah Kubur dan Doa Ziarah Kubur, Cek di Sini, Lengkap!

Rasulullah sallallahu alaihi wasallam bersabda: “Dahulu aku melarang kalian untuk ziarah kubur, maka sekarang ziarahilah”.

Kemudian ketika hendak melakukan doa ziarah kubur, apa yang harus dibaca? Berikut adalah doa yang dianjurkan berdasarkan Hadits Shahih Muslim No. 1620 – Kitab Jenazah.

“Rasulullah sallallahu alaihi wasallam mengajarkan kepada mereka apa yang mesti mereka kerjakan apabila mereka hendak keluar ziarah kubur. Maka salah seorang dari mereka membaca do’a sebagaimana yang tertera dalam riwayat Abu Bakar;

“AS SALAAMU ‘ALA AHLID DIYAAR

-sementara dalam riwayat Zuhair-

AS SALAAMU ‘ALAIKUM AHLAD DIYAARI MINAL MUKMINIIN WAL MUSLIMIIN WA INNAA INSYAA`ALLAHU BIKUM LAAHIQUUN ASALULLAHA LANAA WALAKUMUL ‘AAFIYAH

Yang bermakna “Semoga keselamatan tercurah bagi penghuni (kubur) dari kalangan orang-orang mukmin dan muslim dan kami insya Allah akan menyulul kalian semua. Saya memohon kepada Allah bagi kami dan bagi kalian Al ‘Afiyah (keselamatan)”.

Namun kemudian, bagaimana bagi perempuan yang sedang haid apabila hendak berziarah? Berdasarkan Kitab Irsyadatus Saniyah mengajarkan doa jenis doa kepada perempuan yang akan melakukan ziarah kubur.

Doa tersebut dibagi menjadi dua, pertama doa bagi perempuan yang tidak sedang haid. Kedua doa ziarah kubur bagi wanita haid.

Merujuk kepada kitab tersebut, maka perempuan atau wanita yang sedang haid diperbolehkan melakukan ziarah, tetapi dalam hal doa. Sedangkan doa ziarah kubur bagi wanita haid berbeda dengan yang sedang tidak haid. Oleh karenanya, sebagai wanita harus mengetahui apa yang perlu dan tidak dibaca saat berziarah.

Doa ziarah kubur bagi wanita haid dalam kitab itu disebutkan harus menghindari membaca Yasin dan berdiam di masjid. Wanita yang sedang haid diperbolehkan membaca zikir dan tahlil.

Berikut beberapa hal yang wajib diperhatikan wanita yang sedang haid yang hendak berziarah lengkap dengan doanya berdasarkan penjelasan dari KH. Habibul Huda Bin Najid, Pengurus Lembaga Bahtsul Masail Nahdlatul Ulama (LBMNU) Jawa Tengah, yang dirilis di jateng.nu.or.id.

Baca jugaBacaan Doa Ketika Hujan Turun Deras dan Terhindar dari Musibah Lengkap dengan Bahasa Arab, Latin, Artinya

  1. Bagi wanita haid saat berziarah diperbolehkan membaca:

Ayat kursi, Surat al-Fatihah, Surat Al-ikhlas, Surat An-Nas, Surat Al-Falaq. Dilarang membaca ayat al-Qur’an dengan tujuan qiroatul qur’an.

  1. Dilarang membawa dan memegang mushaf yang terdapat tulisan Al-Qur’an.

Sementara itu, bacaan doa ziarah kubur bagi wanita haid sendiri adalah sebagai berikut:

Allahummaghfìrlahu war hamhu wa ‘aafìhìì wa’fu anhu, wa akrìm nuzuulahu wawassì’ madholahu, waghsìlhu bìl maa’ì watssaljì walbaradì, wa naqqìhì, mìnaddzzunubì wal khathaya kamaa yunaqqatssaubul abyadhu mìnad danasì.

Wabdìlhu daaran khaìran mìn daarìhì wa zaujan khaìran mìn zaujìhì. Wa adkhìlhul jannata wa aìdzhu mìn adzabìl qabrì wa mìn adzabìnnaarì wafsah lahu fì qabrìhì wa nawwìr lahu fìhì.

Artinya: “Ya Allah, ampunilah dan berikanlah rahmat padanya. Maafkan kesalahannya, berikan kehormatan, lapangkanlah jalannya. Mandikan dia dengan air dan embun. Sucikanlah ia dari kesalahan dan dosa selayaknya Engkau membersihkan baju putih dari kotoran.

Berikanlah rumah yang lebih baik dari rumahnya, pasangan yang lebih baik dari pasangannya. Masukkan ia dalam surgaMu dan berikanlah perlindungan baginya dari adzab kubur dan neraka. Luaskanlah kuburnya dan terangilah ia di dalam sana.

Ada pun tata cara adab ketika berziarah adalah sebagai berikut

  1. Diutamakan berwudhu
  2. Mengucap salam kepada ahli kubur
  3. Memanjatkan doa kepada Almarhum
  4. Membaca ayat-ayat pendek Al-Quran
  5. Jangan menginjak bagian atas kuburan
  6. Jangan bertindak berlebihan

Demikian informasi mengenai tata cara doa ziarah kubur dan adab wanita haid saat ziarah kubur, silakan simak di sini, lengkap!. (04)

Berita Terkait

Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img

Berita Pilihan