26 C
Semarang
, 3 February 2023
spot_img

Breaking News, Buruh Demo Tuntut Kenaikan UMK

Semarang, Jatengnews.id – Breaking News, buruh demo tuntut kenaikan UMK, di depan Gubernuran Jalan Pahlawan Semarang Rabu (7/12/2022).

Buruh demo tuntut kenaikan UMK yang  berjumlah ratusan ini tergabung dalam Federasi Serikat Pekerja Indonesia Perjuangan-Kongres Aliansi Serikat Buruh Indonesia (FSPIP KASBI) dan FIKSP Garteks.

Baca juga: VIDEO Demo Buruh di Gubernuran Jateng Tuntut Kenaikan Upah Kerja

Dalam orasinya secara bergantian dari perwakilan kota meneriakan permintaan kenaikan UMK.

Hanya saja pendemo yang ingin bertemu Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo tak bisa terpenuhi. Ganjar masih melakukan kedinasan di Pati. Namun melalui Kepala Bidang Pelatihan dan Produktivitas Disnakertrans Jateng, Masduqi bersama Disnaker bakal mengumumkan penetapan UMK.

Koordinator DPP FSPIP KASBI Karmanto menyatakan, permintaan kenaikan UMK sebesar 10 persen itu, sesuai Permenaker Nomor 18 tahun 2022. 

“Kami datang untuk menyelamatkan penetapan UMK 2023 yang hari ini rencana ditetapkan Pak Gubernur,” katanya.

Baca juga: Demo Buruh dan Puisi Widji Thukul yang Menohok

Ia berharap, adanya regulasi baru dari kementerian UMK di 35 kabupaten/kota di Jawa Tengah, bisa sesuai yang ditargetkan.Selain itu, ia menganggap regulasi Permenaker Nomor 18 tersebut, lebih tepat untuk digunakan dibandingkan PP Nomor 36 Tahun 2021 Tentang Pengupahan.

“Apalagi saat ini kenaikan BBM semakin membuat buruh tercekik, untuk membeli bahan-bahan sehari-hari tidak mencukupi,” pungkasnya. (Kamal-02)

Berita Terkait

Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img

Berita Pilihan