24 C
Semarang
, 3 February 2023
spot_img

WAW Saldo Kas Pemprov Jateng Mengendap Rp 2 Triliun, Begini Reasksi Ganjar!

Semarang, Jatengnews.id – Waw berikut saldo kas Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jateng mengendap hingga 2 triliun hingga akhir tahun 2022 ini.

Saldo kas Pemprov Jateng mengendap hingga 2 triliun membuat Gubernur Jateng Ganjar Pranowo ikut berkomentar.

Bagi anda yang ingin mengetahui kenapa?, saldo kas Pemprov Jateng mengendap hingga 2 triliun bisa anda simak berita di bawah ini secara lengkap.

Baca juga: Pemprov Jateng Berhasil Bangun 2.353 Desa Mandiri Energi

Ganjar mengatakan jumlah saldo kas Provinsi Jawa Tengah di bank saat ini jumlahnya Rp 2,062 triliun. Ganjar telah memerintahkan agar anggaran tersebut diakselerasi penyerapannya.

Hal itu diungkapkan Ganjar usai Penyerahan DIPA Petikan dan Petikan Buku Daftar Alokasi TKD Provinsi Jawa Tengah, di Gradhika Bhakti Praja, Selasa (6/12/2022).

“Kita sudah mulai ongoing untuk diserap semua karena ternyata dari posisi-posisi seperti itu rasa-rasanya setiap OPD punya waktu, cara, dan kemudian mekanisme sendiri,” ujarnya.

Mantan anggota DPR RI ini mengatakan, dari total Rp2,062 triliun itu berasal dari berbagai sumber. Seperti tabungan Pilkada, projek yang belum dibayarkan termasuk sisa uang di RSUD (BLUD) dari penerimaan klaim Covid-19 bulan Desember 2021 dari pemerintah pusat.

Adapun dana endapan yang belum diserap oleh kabupaten/kota se-Jateng jumlahnya mencapai Rp 11,7 triliun. Total saldo di bank ada Rp 13,8 triliun per 30 November.

“tentu hari ini pasti sudah berkurang cukup banyak. Bahkan kami sendiri di Pemprov mencoba untuk menginventarisasi satu persatu di antaranya mereka itu yang belum yang mana,” katanya.

Ganjar menjelaskan, anggaran yang belum terserap antara lain untuk pembayaran sejumlah DAK Fisik di kabupaten dan OPD.

“Jadi sebenarnya tinggal bayar-bayar itu saja. Ini contoh-contoh mempercepat yang nanti biasanya ya itu ngebut di belakang,” katanya.

Halaman selanjutnya…

Berita Terkait

Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img

Berita Pilihan