32 C
Semarang
, 30 March 2023
spot_img

KONI Jateng Gelar FGD Pelatih Pelatda Jateng, Bahas Metode Melatih Bulan Ramadhan

Semarang, Jatengnews.id – KONI Jateng gelar Focus Grup Discusion (FGD) pelatih Pelatda Jateng di Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) Unnes Semarang, Rabu (15/3/2023).

Topik bahasan dalam acara FGD pelatih Pelatda Jateng ini adalah  ”Metode melatih pada saat bulan Ramadhan” dengan nara sumber tunggal Abdul Rashid Aziz PHd dari Singapore Sport Intitute.

Abdul Rashid dikenal sebagai peneliti kesehatan olahraga, termasuk efek puasa terhadap kekuaatan atlet.

Di antara penelitian yang sudah dipublikasikan adalah penelitian terhadap pemain sepak bola Malaysia pada Desember 2021. Kemudian atletik dan beberapa cabang olahraga lain.

Wakil Ketua Umum II Soedjatmiko dalam laporan pembukaan menyebutkan, acara ini diikuti 85 pelatih Pelatda Jateng, 38 asisten pelatih, 3 dosen FIK dan beberapa mahasiswa Unnes.

”Latar belakang penyelenggaraan FGD ini adalah memberi bekal kepada pelatih dalam menerapkan program latihan selama bulan puasa,” katanya.

Lebih lanjut dosen FIK Unnes itu menjelaskan tujuan dari acara tersebut yakni meningkatkan rasa percaya diri pelatih serta menjaga pembinaan olahraga Jateng tetap jalan meskipun dalam suasana puasa.

Acara secara resmi dibuka oleh Kabid Organisasi Djoko Priyono yang mewakili Ketua Umum KONI Jateng Bona Ventura Sulistiana. Hadir dalam acara tersebut Mahalul Azam (FIK Unnes) dan beberapa pengurus KONI Jateng.

”Acara ini sangat bagus. Karena guna mencapai prestasi maksimal, maka pola latihan dalam bulan puasa harus jalan terus,” kata Djoko.

Dia juga menyebut salah satu sukses Jabar bisa juara umum PON Jabar 2016 dan mempertahankannya pada PON 2021 adalah berkat terjaganya pola latihan.

Dalam paparannya, Rashid Aziz menyebut secara umum puasa mempengaruhi pola latihan. Disebutkannya, para pemain sepak bola mengalami penurunan fisik. Namun hasil penelitian pula, ada atlet yang merasa tidak terpengaruh. Karena itu, dia memberikan metode kepada pelatih untuk meminimalisasi pengaruh puasa dalam latihan.

Setelah pemaparan, dalam acara berlangsung sehari itu dilakukan juga tanya jawab dan diskusi. (02)

Berita Terkait

Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img

Berita Pilihan