29 C
Semarang
, 26 February 2024
spot_img

Galian C Penyebab Longsor di Gunungpati Semarang

Semarang, Jatengnews.id – Bencana longsor yang terjadi di Kelurahan Sukorejo Gunung Pati Kota Semarang, Jumat (1/12/2023) kemarin, ternyata disebabkan oleh proyek galian c yang ada diatas Gunung Panepen.

Kapolsek Gunungpati Kota Semarang, Kompol Nur Kholis menyatakan, bahwa longsor yang kemarin sore terjadi karena luapan air dari galian c yang ada diatasnya.

Baca juga: Diguyur Hujan Seharian, Gunungpati Semarang Terjadi Longsor

“Waktu turun hujan deras dari jam 12:00 WIB dari selokan yang dibuat diatas tidak mampu menampung air hujan kemudian tanggul yang dibuat tidak mampu menampung air, akhirnya meluber ke jalan dan masuk rumah,” ungkapnya kepada Jatengnews.id Sabtu (2/11/2023).

Senada dengan Kapolsek, Camat Gunungpati Sabar Trimulyono menyebutkan, bahwa longsor yang disebabkan galian c tersebut juga menyebabkan dua rumah warga terdampak.

“Hanya dua rumah yang terkena dampak itu, sudah diatasi. Pak Lurah sudah berkomunikasi sama pihak kontraktor penggalian untuk membantu terkait dengan masalah pembersihan rumah yang ada,” jelasnya dihari yang sama.

Dirinya juga menepis adanya informasi di media sosial yang mengatakan ada puluhan rumah terdampak. “Dimedia sosial yang 20 rumah itu tidak ada, hanya dua rumah (terdampak),” ucapnya.

Baca juga: Akibat Hujan Deras Tebing di Greenwood Longsor Aktivitas Warga Terganggu

Kondisinya, saat ini sudah ditutup dan diantisipasi supaya tidak terjadi longsor kembali. “Kemungkinan longsor ke kampung lagi kayaknya sudah aman (tidak ada), jalannya juga sudah bisa dilewati,” imbuhnya.

Perihal perizinan dari galian c yang mengakibatkan longsor tersebut, dirinya menyatakan tidak tahu menahu.(Kamal-02)

Berita Terkait

Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img

Berita Pilihan