30 C
Semarang
, 26 February 2024
spot_img

Dukung Energi Baru Terbarukan PLTGU Tambak Lorok Optimalkan PLTS Rooftop dan PLTS Apung

Semarang, Jatengnews.id –  PT PLN Indonesia Power Semarang PGU Tambak Lorok terus mengoptimalkan energi baru terbarukan.

Senior Manager PT PLN Indonesia Power Semarang PGU, Flavianus Erwin Putranto menjelaskan bahwa pihaknya sudah mengoperasikan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Rooftop dan PLTS Apung.

Baca juga : PLN Siapkan Pengamanan Listrik 5 Lapis Final Piala Dunia U17 di Stadion Manahan Solo

“ Dengan adanya Pembangkit Listrik Tenaga Surya Rooftop dan PLTS Apung dapat menghasilkan listrik sebesar 920 kilowatt peak,” ujarnya Rabu (06/12/2023).

Menurutnya dioperasikannya PLTS Rooftop dan PLTS Apung dapat dimanfaatkan untuk konsumsi listrik saat operasional PLTGU Tambak Lorok Semarang sepertI penerangan jalan, pompa berskala kecil,dan fasilitas hidrogen plann.

“Konsumsi listrik untuk kebutuhan operasional sangat terbantu dengan adanya PLTS Rooftop dan PLTS Apung. Kalau di rupiahkan sampai Rp600 juta,” ujarnya.

Ia menekankan pihaknya juga terus berusaha mengedepankan pemanfaatan energi listrik dengan mengutamakan nilai-nilai sustainable dan energi baru terbarukan (EBT).

Baca juga : Mahasiswi UGM Jadi Srikandi PLN Jateng/DIY Gaungkan Percepatan Transisi Energi dan Inovasi Digitalisasi Layanan PLN

“Kami juga punya emergency case. Sehingga perlu mempunyai bahan cadangan yang harus dijaga 10 hari. Tentu saja gangguan pasokan energi primer bisa diminimalisir dari tiga sumber. Jadi tetap handal. Bisa dipastikan pengoperasian bahan minyak hampir tidak kita lakukan,” katanya. (03)

Berita Terkait

Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img

Berita Pilihan