30 C
Semarang
, 26 February 2024
spot_img

Kenali 7 Ciri Mobil Bekas Banjir Apa Saja

Jatengnews.id – Sebelum membeli mobil bekas alangkah baiknya memeriksa kondisi kendaraan terlebih dahulu apalagi jika mobil itu bekas banjir.

Dilansir dari Suara.com berikut ciri – ciri mobil bekas terkena banjir apa saja ?

Baca juga : Tabrak Pembatas Jalan Sebuah Mobil Terbalik di Kaligawe Semarang Konidisi Kendaraan Ringsek

1. Karat

Mobil bekas banjir biasanya berkarat pada beberapa bagian, seperti pada bumper, bawah dashboard, di bawah jok, baut rem tangan dan bumper.

2. Jamur di mesin

Selain karat, karena lembab akan mudah ditemukan jamur pada bagian blok mesin. Jadi sebelum membeli mobil bekas, penting meneliti kondisi mesin. Jika ada bintik jamur, patut diduga itu adalah mobil bekas banjir.

3. Suara kasar

Mobil bekas banjir biasanya mengeluarkan suara kasar saat dinyalakan. Ini bisa terjadi karena air sudah masuk ke dalam mesin dan tercampur dengan oli. Suara kasar disebabkan karena ada gesekan berlebih di dalam mesin, karena kinerja oli yang sudah tercampur air tidak optimal.

Suara kasar juga muncul dari bearing fan belt atau bearing kompresor AC. Di dalam bearing ada bola besi yang dilumuri gemuk. Jika terkena air, gemuk tak lagi berfungsi normal sehingga bola logam tadi kering dan gesekannya lebih kasar.

4. Soket listrik menguning

Jika socket-socket listrik mulai menguning, patut diduga karena sudah terendam air banjir. Soket listrik seharusnya berwarna putih. Namun ketika terendam air dalam waktu yang lama bisa berubah menjadi terlihat kekuningan.

5. Oli berubah warna

Jika mobil bekas baru saja terendam banjir dan oli belum diganti, maka olinya akan berubah warna. Oli yang sudah tercampur air biasanya berwarna mirip kopi susu: putih kecokelatan. Ini bisa dicek menggunakan dipstick.

6. Interior

Mobil bekas banjir juga biasanya mengalami cacat pada interior. Cacat bisa ditemukan pada door trim yang berbahan fabric, belundru atan kulit yang berubah menjadi melar atau getas. Karpet mobil yang terendam banjir juga cenderung melar.

Baca juga : Puluhan Bikers Jelajahi Misteri Dua Alam di Lawang Sewu dan Hutan Tinjomoyo

7. Harga lebih murah

Biasanya mobil bekas banjir juga dijual dengan harga lebih murah dibandingkan dengan mobil sejenis di pasaran. Ini terjadi karena mobil bekas banjir lebih sukar dijual dan jika tetap dipakai, banyak masalah yang muncul. (03)

Berita Terkait

Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img

Berita Pilihan