29 C
Semarang
, 26 February 2024
spot_img

VIDEO Polda Jateng Amankan 8 Debt Collector

JatengNewsTV – Berikut kami sajikan video Polda Jateng amankan 8 Debt Collector yang jadi tersangka pengambilan paksa kendaraan roda empat, Kamis (7/12/2023).

Bagi anda yang ingin menonton video Polda Jateng amankan 8 Debt Collector bisa anda klik gambar di atas.

Dirkrimum Polda Jateng, Kombes Pol Johanson Simamora mengatakan, melakukan penindakan ini setelah adanya dua laporan ke polisi pada tanggal 3 November 2023 dan 8 november 2023.

Pada kasus pertama ini, terjadi di Kedungmundu Kota Semarang pada tanggal 2 November 2023 tersangka melakukan pengambilan paksa kendaraan korban yang dirasa belum terbayar lunas atau mengalami penunggakan angsuran.

Tonton juga: VIDEO Pj Gubernur Jateng Antisipasi Teror Jelang Nataru

“Korban pada saat dilokasi, sedang akan menghadiri wisuda. Kemudian didatangi oleh beberapa orang yang mengaku sebagai perwakilan dari leasing atau dc,” ungkapnya, Kamis (7/12/2023).

Berbekal surat kuasa dari leasing tersebut, tersangka SN (40) dan YA (29) bersama empat orang lainnya yang berstatus DPO melakukan upaya pengambilan paksa mobil Toyota Calya plat G 1763 ZQ.

Saat kejadian, korban MR (44) mendatangi lokasi karena  yang membawa mobil tersebut keluarga atau bukan dirinya.

“Kemudian terjadi percekcokan, pendorongan dan pengeroyokan oleh para tersangka,” ucapnya.

Hingga akhirnya kendaraan tersebut tetap diambil dengan towing oleh dc, karena korban masih kekeh tidak memberikan kontaknya dan meninggalkan mobil dilokasi yang sama.

Kedua tersangka, YA dan SN merupakan Warga Kota Semarang sedang yang berstatus DPO berinisial AS, TS, BD dan HW.

Kasus kedua, pihaknya menerima laporan pada 8 November 2023, adanya tindak pengambilan kendaran tanpa izin yang dilakukan kelompok DC lain.

Kronologinya bermula pada saat sore hari korban dari salah satu rumah sakit di Kota Semarang, lalu didatangi kelompok DC yang berinisial YM (23), PM (35), AB (30), TBG (46), ASL (39) dan MAA (27) dan empat DPO lainnya.

“4 orang DPO yakni AM, LM, JS dan SA,” tambahnya.

Dengan dalih yang sama, pihak DC menyampaikan adanya tunggakan dan meminta kendaraan tersebut namun berujung percekcokan dengan DS (36).

“Tidak berselang lama datang anggota Polrestabes Semarang memberikan himbauan dan meminta untuk menyelesaikan persoalan di Polrestabes,” jelasnya.

Hingga mereka bertemu di Polrestabes tapi masih tidak menemukan titik temu lalu berpindah tempat ke kantor Cimb Niaga untuk melanjutkan negosiasi.

“Sesampai di Kantor Cimb Niaga dilakukan negosiasi kembali namun tidak terjadi kesepakatan dan saat itu korban dipaksa untuk menandatangani berita acara penyerahan kendaraan,” imbuhnya.

Selanjutnya, korban pergi dan meninggalkan mobil di kantor tersebut dengan kondisi terkunci.

“Pada malam hari jam 21:30 tersangka memerintahkan tersangka yang lain untuk mengangkut kendaraan tersebut dengan towing,” ujarnya.

Berangkat dari dua kasus ini, Johanson menjelaskan bahwa pihak DC tidak bisa melakukan pengambilan paksa kendaraan meskipun mereka melakukan penunggakan.

“Bahwa dalam leasing terjadi kreditur macet, leasing wajib melaporkan kepada pihak kepolisian yang diatur pada Undang-Undang Fidusia,” jelasnya.

Tonton juga: VIDEO Warga Minta Penghijauan Usai Longsor Galian C

Eksekusi kendaraan seseorang yang mengalami kemacetan kreditur adalah kewenangan dari pengadilan.

“Setelah adanya penetapan dari pengadilan. Jadi tidak ada orang leasing memberikan surat kuasa kemudian melakukan penarikan secara paksa itu tidak ada,”paparnya.

Tambahnya, DC hanya betugas melakukan penagihan hutang atau meminta pelunasan kredit macet atas tunggakan ansuran pihak yang melakukan kredit.

“Oleh karena itu pihak leasing akan kami periksa apakah peran mereka juga memberi surat kuasa secara prosedur,” tegasnya.

Akibat dari tindakannya ini, para tersangka bakal dijerat dengan pasal yang sama yakni, pasal 368 KUHP, Pasal 363 KUHP dan Pasal 335 KUHP. “Ancaman hukumannya maksimal 9 tahun penjara,” tandasnya. (Kamal-01)

Berita Terkait

Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img

Berita Pilihan