31 C
Semarang
, 26 February 2024
spot_img

Tiga Amalan Penting Dilakukan Saat Malam Jumat

Jatengnews.id – Pada hari dan malam Jumat, ummat muslim dianjurkan untuk memperbanyak amalan seperti dzikir, berdoa atau pun membaca Al-Quran.

Sebagai informasi, pergantian hari dalam penanggalan hijriyah terjadi setelah terbenamnya matahari atau ketika telah memasuki waktu magrib. Untuk itu, masyarakat Indonesia mengenal istilah ‘Kamis Malam Jumat‘.

Baca juga : Benarkah Malam Ini 30 November 2023 Malam Jumat Kliwon? Cek Kalender Malam Jumat Kliwon Bulan November 2023

Tak heran, masyarakat muslim di Indonesia kerap memanfaatkan momen Malam Jumat untuk memperbanyak mengamalkan amalan-amalan yang dianjurkan.

1. Membaca Al Quran

Salah satu surat yang istimewa dibaca ketika memasuki hari jumat adalah surat Al-Kahfi. Hal ini didasarkan pada sabda Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam yang diriwayatkan oleh Imam al-Hakim sebagai berikut:

                                      مَنْ قَرَأَ سُورَةَ الْكَهْفِ يَوْمَ الْجُمُعَةِ أَضَاءَ لَهُ مِنْ النُّورِ مَا بَيْنَ الْجُمُعَتَيْنِ

“Barang siapa membaca surat al-Kahfi pada hari Jumat, maka Allah memberinya sinar cahaya di antara dua Jumat”.

2. Perbanyak Membaca Sholawat

Sebuah hadits yang diriwayatkan Imam al-Baihaqi menyebutkan bahwa seseorang yang membaca sholawat di malam dan hari jumat, maka akan diberi ganjaran 10 kali lipat oleh Allah SWT. Baginda Nabi Muhammad SAW bersabda:

          أَكْثِرُوا عَلَيَّ مِنْ الصَّلَاةِ لَيْلَةَ الْجُمُعَةِ وَيَوْمَ الْجُمُعَةِ فَمَنْ صَلَّى عَلَيَّ صَلَاةً صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ بِهَا عَشْرًا

“Pebanyaklah membaca shalawat kepadaku di hari dan malam Jumat. Barangsiapa membaca shalawat untuku satu kali, maka Allah membalasnya sepuluh kali”.

Baca juga : Apakah Hari Ini Kamis 23 November Malam Jumat Kliwon Cek Selengkapnya Disini

3. Persiapkan Diri Bergegas Untuk Sholat Jumat

Umat muslim dianjurkan untuk berbegas menuju masjid untuk melaksanakan shlat Jumat sejak terbit fajar di pagi hari Jumat. Seseorang yang lebih awal berangkat ke masjid untuk solat jumat akan mendapatkan pahala melebihi orang yang datang setelahnya. Rasulullah bersabda:

مَنْ اغْتَسَلَ يَوْمَ الْجُمُعَةِ غُسْلَ الْجَنَابَةِ ثُمَّ رَاحَ فِي السَّاعَةِ الْأُولَى فَكَأَنَّمَا قَرَّبَ بَدَنَةً ، وَمَنْ رَاحَ فِي السَّاعَةِ الثَّانِيَةِ فَكَأَنَّمَا قَرَّبَ بَقَرَةً وَمَنْ رَاحَ فِي السَّاعَةِ الثَّالِثَةِ فَكَأَنَّمَا قَرَّبَ كَبْشًا أَقْرَنَ ، وَمَنْ رَاحَ فِي السَّاعَةِ الرَّابِعَةِ فَكَأَنَّمَا قَرَّبَ دَجَاجَةً ، وَمَنْ رَاحَ فِي السَّاعَةِ الْخَامِسَةِ فَكَأَنَّمَا قَرَّبَ بَيْضَةً ، فَإِذَا خَرَجَ الْإِمَامُ حَضَرَتْ الْمَلَائِكَةُ يَسْتَمِعُونَ الذِّكْرَ

“Barangsiapa yang mandi seperti mandi junub pada hari Jumat, kemudian pada waktu pertama ia berangkat Jumat, maka seakan ia berkurban unta badanah. Dan barangsiapa berangkat Jumat pada waktu kedua, seakan berkurban sapi. Dan barangsiapa berangkat Jumat pada waktu ketiga, seakan berkurban kambing yang bertanduk. Dan barangsiapa berangkat Jumat pada waktu keempat, seakan berkurban ayam. Dan barangsiapa berangkat Jumat pada waktu kelima, seakan berkurban telur. Saat imam keluar berkhutbah, malaikat hadir seraya mendengarkan khutbahnya.” (HR. al-Bukhari dan Muslim).

Berita Terkait

Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img

Berita Pilihan