30 C
Semarang
, 26 February 2024
spot_img

Gelar T-News FIB Udinus Ajak Siswa Jadi Penyiar Dalam Tiga Bahasa


Semarang, Jatengnews.id – Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) menggelar lomba penyiar bernama Trilingual News (T-News). Ajang  tersebut berlangsung dengan meriah diikuti sekitar 493 siswa dari 21 SMA/SMK sederajat.

Adapun, ajang T-News yang bertema ‘The Journalist: Leader creates Leader, Not Follower’ yang kini telah memasuki tahap grand final, diikuti 5 SMA/SMK di Indonesia.

Baca juga : Beri Wadah Mahasiswa Kembangkan Ilmu Pemasaran, Udinus Rutin Gelar ACA Awards

Lima sekolah tersebut yakni SMK N 1 Demak, SMA N 1 Pekalongan, SMK N 1 Semarang, SMA N 7 Semarang dan SMA N 2 Batang. Pada ajang kali ini, terdapat dua kategori utama yakni kategori News Content dan News Presenter.

Pada kategori News Content, para siswa yang berjumlah lima orang, wajib membuat siaran berita dalam bentuk video dengan menggunakan bahasa yang telah ditentukan sebelumnya. Hasil reportase tersebut kemudian dipresentasikan  di depan para juri.

Sedangkan pada Kategori News Presenter, peserta diwajibkan melakukan reportase dengan beberapa bahasa mulai dari Bahasa Jawa, Inggris dan Jepang. Reportase tersebut dilakukan pada set studio yang telah disiapkan di Aula Gedung E lantai 3 Udinus.  Para peserta yang tampil di grand final ini, berhasil mengalahkan ratusan peserta pada babak penyisihan.
 
T-News turut dibuka secara langsung oleh Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan Udinus, Dr. Kusni Ingsih, MM dengan pemukulan taiko. Ia pun mengucapkan selamat bertanding kepada para peserta yang mampu menembus tahap grand final.

Dr. Kusni Ingsih mengatakan, ajang T-News menjadi ajang yang sangat luar biasa dalam melatih bakat dan kemampuan dalam berbahasa dari para siswa SMA/SMK. Wakil Rektor III Udinus selepas menyaksikan beberapa penampilan turut memuji kemampuan-kemampuan dari para siswa dalam berbahasa Jawa, Inggris dan Jepang.

“Kami melihat masa depan dari para peserta grand final akan cerah secerah hari ini dan seterang hari ini. Satu pesan untuk para siswa, kuasailah dunia dengan bahasa. Kami lihat kualitas mereka sangat luar biasa,” tegas Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan Udinus saat diwawancara mengenai ajang T-News yang digelar oleh FIB Udinus, Senin (12/02/2024).

Terdapat sekitar enam  juri yang ahli dalam bidangnya diberikan waktu untuk mengomentari hasil siaran dan hasil News Content dari tiap peserta, mulai dari tutur bahasa hingga penyampaian materi. Keenam juri tersebut dibagi sesuai dengan kategorinya. Pada kategori News Presenter yakni Direktur TV Kampus Udinus (TVKU), Heri Pamungkas SS,. MIKom., Ketua Program Sarjana Bahasa Inggris, Dr. Sunardi SS., MPd., Ketua Program Sarjana Sastra Jepang, Dr. Bayu Aryanto SS., MHum.

Sementara itu, juri di kategori News Content yakni Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Jawa Tengah, Amir Machmud NS, Badan pengawas Pemilu (Bawaslu) Jateng, Dr. Sosiawan M.H dan Kepala Bidang Ideologi, Mh. Wawasan Kebangsaan dan Karakter Bangsa Kesbangpol Jateng, Moch Agus Rochmatullah Gundar, ST., MT

Penyelenggaraan T-news: The Journalist merupakan kerja sama antara FIB Udinus dengan TVKU. Dekan FIB Udinus, Dr. Raden Arief Nugroho SS., MHum turut hadir dan memberikan sambutannya.  Riuh bersaut-sautan dari para suporter SMA/SMK masing-masing turut meramaikan ajang yang mempertemukan puluhan sekolah tersebut.

Peserta dari SMA Negeri 7 Semarang, Viona Araihan Putri mengaku senang dan tertantang untuk mengikuti ajang T-News pada kali ini. Ia pun sangat tertarik dengan dunia jurnalistik dan berharap ke depannya mampu menjadi seorang reporter.

Baca juga : FEB Udinus Gandeng Equityworld Futures Berikan Pemahaman Pasar Komoditi Kepada Mahasiswa

“Saya tertantang untuk mengikuti ajang ini apalagi menggunakan tiga bahasa sekaligus. Dalam mempersiapkan diri saya dan rutin berlatih. Saya harap lomba T-News dapat rutin dilangsungkan tiap tahunnya.,” katanya. (03)

Berita Terkait

Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img

Berita Pilihan