30 C
Semarang
, 26 February 2024
spot_img

BMKG Antisipasi Potensi Cuaca Ekstrem di Periode Puncak Musim Hujan

Jakarta, Jatengnews.id – Salah satu langkah yang telah dilakukan BMKG dalam mengantisipasi potensi cuaca ekstrem selama puncak musim hujan ini adalah dengan menempatkan 1 unit Mobile Weather Radar di Stasiun Meteorologi Kertajati sejak tanggal 31 Januari 2024.

Adapun, erdasarkan analisis data iklim BMKG, sekitar lebih dari 55% wilayah Zona Musim Indonesia diprediksikan memasuki puncak musim hujan pada periode bulan Januari – Februari 2024.

Baca juga : Hadapi Musim Hujan, Tanggul Perum Dinar Indah Semarang Dibangun Permanen

Deputi Bidang Meteorologi BMKG mengatakan Guswanto hal ini bertujuan untuk memantau perkembangan cuaca secara terkini di sekitar wilayah Jawa Barat dan sekitarnya.

“Resolusi spasial data radar cuaca yang dihasilkan dari mobil radar tersebut mencapai 250 meter dengan resolusi temporal data sekitar 05-10 menit,” katanya dikutip dari laman resmi BMKG, Selasa (13/02/2024).

Sedangkan cakupan areanya hingga 120 km yang meliputi wilayah Bandung, Subang, Cirebon, Sumedang, Tasikmalaya, Banjar, Tegal, Indramayu, Kuningan dan Purwakarta.

Baca juga : Masuki Musim Hujan, Warga Mangkang Wetan Trauma Banjir Tahun Lalu

“Mobile Radar BMKG ini dapat dimanfaatkan untuk memberikan Aerodrome Warning bagi pesawat yang akan take off dan landing di Bandara Kertajati, selain itu produk Citra Radar yang dihasilkan dapat digunakan untuk meningkatkan layanan informasi peringatan dini cuaca ekstrem, khususnya di wilayah Jawa Barat dan sekitarnya,” jelasnya. (03)

Berita Terkait

Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img

Berita Pilihan