26 C
Semarang
, 27 July 2024
spot_img

18,23 Juta Pemudik Diprediksi Masuk Jateng, Jadi Peluang Ekonomi?

Semarang, JatengNews.id – Kurang lebih 18,23 juta pemudik diprediksi masuk Jateng dan pastikan bisa jadi peluang meningkatkan nilai ekonomi masyarakat.

Kurang lebih 18,23 juta pemudik diprediksi masuk Jateng berdasarkan prediksi Badan Kebijakan Transportasi (BKT) Kementerian Perhubungan.

Sehingga hal ini menjadi peluang Pemprov Jateng dan masyarakat untuk meningkatkan ekonomi dengan adanya tradisi mudik lebaran 2024.

“Dana yang dihabiskan rata-rata per orang mudik sebesar Rp768,386, dan sebanyak 18,23 juta orang bergerak di Jateng. Maka diperkirakan perputaran uang di Jateng sebanyak Rp14 triliun,” kata Pelaksana Harian Kepala Dinas Perhubungan Jateng, Erry Derima Ryanto beberapa waktu lalu.

Baca juga: Pemprov Jateng Larang Terbangkan Balon Udara

Menurut dia, tingginya jumlah pemudik tujuan Jateng juga berdampak positif terhadap perekonomian daerah.

Pj Gubernur Jawa Tengah, Nana Sudjana menyakini, seiring dengan tingginya kebutuhan masyarakat selama Ramadhan hingga Lebaran, perputaran uang pun mengalami peningkatan. Volume transaksi makanan dan minuman diprediksi naik antara 30% hingga 40%.

 Demikian pula untuk sektor lain, juga akan mengalami kenaikan bervariatif, seperti sektor perdagangan, perhotelan, pariwisata, dan transportasi.

Nana berharap, tingginya perputaran uang ini berdampak positif bagi masyarakat Jateng, bahkan mampu mendongkrak pertumbuhan ekonomi Jateng.

Baca juga: Jalur Pantura dan Pansela Bisa Dilintasi Pemudik, Tol Solo-Jogja Difungsionalkan

“Memang setiap bulan puasa, menjelang hari raya, perputaran ataupun peredaran uang ini sangat tinggi. Dan ini menjadi hal yang sangat positif bagi masyarakat di Jateng. Artinya, antara produsen dengan konsumen akan saling menguntungkan, dan ini akan sangat baik bagi pertumbuhan ekonomi di Jateng,” katanya.

Peluang itu bukanlah isapan jempol belaka. Berdasarkan data Dinas Kepemudaan, Olahraga, dan Pariwisata (Disporapar) Provinsi Jawa Tengah, jumlah kunjungan wisatawan nusantara pada Libur lebaran tahun 2023 sebanyak 5.332.472 orang. (01)

Berita Terkait

BERITA TERBARU

- Advertisement -spot_img

BERITA PILIHAN