Kendal, Jatengnews.id – Pemerintah Kabupaten Kendal melalui Dinas Kependudukan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) terus melakukan upaya dalam mengoptimalkan pelayanan administrasi kependudukan (Adminduk).
Salah satunya adalah layanan Sunday Morning Service (Sunmoris). Sunmoris ini merupakan layanan jemput bola untuk masyarakat yang belum sempat mengajukan permohonan adminduk. Sekaligus untuk mengedukasi kepada masyarakat akan pentingnya adminduk.
Baca juga : Kurangi Angka Pengangguran Pemkab Kendal Gelar Jobfair
Kegiatan pelayanan Sunmoris rutin dilaksanakan pada minggu pertama setiap bulan bertempat di lobby Stadion Utama Kebondalem Kendal. Pelayanan yang disediakan antara lain cetak dan rekam E-KTP, KIA, mengaktivasi IKD, Serta konsultasi tentang Adminduk.
Kepala Dinas Kependudukan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Kendal Ratna Mustikaningsih menjelaskan, Sunday Morning Service atau Sunmoris adalah layanan jemput bola untuk menjangkau masyarakat dalam permohonan Administrasi kependudukan (Adminduk) serta untuk mengedukasi akan pentingnya adminduk.
“Kita terus berupaya melakukan terobosan baru untuk menjangkau masyarakat yang belum melakukan perekaman data adminduk dengan mengadakan kegiatan Sunmoris setiap minggu pertama di Stadion Utama Kebondalem Kendal. Selain melakukan perekaman data atau cetak adminduk, kami juga mengadakan sosialisasi kepada masyarakat akan pentingnya adminduk,” katanya dikutip, Senin (02/06/2025).
Dalam kegiatan Sunmoris ini antusiasme masyarakat sangat tinggi dan banyak yang melakukan permohonan cetak E-KTP maupun update data. Selain mengadakan Sunmoris pihaknya akan terus melakukan sosialisasi mengenai permohonan adminduk online yaitu melalui aplikasi Pelayanan Administrasi Kependudukan Dalam Genggaman (Pak Dalman).
“Alhamdulillah masyarakat menyambut baik kegiatan Sunmoris ini dan mereka senang karena dengan pelayanan ini bisa membantu untuk mengurus adminduk tanpa harus menunggu di hari kerja. Selain itu kami juga terus melakukan sosialisasi tentang aplikasi online Pak Dalman. Aplikasi tersebut untuk mempermudah dalam melakukan permohonan adminduk seperti update data dan lain – lain,” ujarnya.
Ia menambahkan, Identitas Kependudukan Digital (IKD) dari KTP menjadi E-Ktp menargetkan sebesar 246.138 orang atau 30% wajib KTP. Sedangkan data yang masuk di Kabupaten Kendal mencapai 99.122 orang atau 12,08% orang. Dengan demikian salah satu upaya dalam meningkatkan IKD tersebut yaitu dengan melaksanakan pelayanan Sunmoris ini.
Sedangkan untuk perekaman wajib KTP yaitu target 821.268 orang dan sudah mencapai 820.461 atau 99.90%. Sisanya masih anak – anak yang akan berusia 17 tahun. Nantinya akan melakukan pelayanan jemput bola untuk perekaman KTP di sekolah atau desa.
“Untuk Kartu Identitas Anak (KIA) target perekaman sebesar 266.712 anak, dan sudah mencapai progres perekaman sejumlah 201.430 anak atau 75,52%. Selain jemput bola ke sekolah kita juga bersinergi dan berkolaborasi dengan para pelaku usaha untuk mewujudkan data yang akurat,” jelasnya
Sementara itu Nurul Salah satu warga Kaliwungu, mengucapkan terimakasih atas pelayanan adminduk yang dilaksanakan di hari minggu ini. Menurutnya pelayanan ini sangat bermanfaat untuk masyarakat dalam mengurus data pribadinya.
Baca juga : Pemkab Kendal Akan Lakukan Evaluasi Bagi Penerima Bansos Dan PKH
“Saya melakukan update data KTP menjadi E-KTP, pelayanan ini sangat bermanfaat jadi tidak usah menunggu di hari kerja ataupun harus ke kantor Dispendukcapil,” ungkapnya. (Arif-03)