27 C
Semarang
, 1 Agustus 2025
spot_img

Pemkab Karanganyar Raih 10 Penghargaan Pelayanan Publik dari Ombudsman dan Kemenpan RB

Penghargaan diberikan kepada sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD) atas kepatuhan terhadap standar pelayanan publik dan evaluasi kinerja layanan

KARANGANYAR, Jatengnews.id  – Pemkab Karanganyar menorehkan prestasi membanggakan dengan meraih 10 penghargaan sekaligus dari Ombudsman Republik Indonesia dan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) atas kinerja pelayanan publik tahun 2024.

Penghargaan diberikan kepada sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD) atas kepatuhan terhadap standar pelayanan publik dan evaluasi kinerja layanan yang dinilai sangat baik hingga prima.

Baca juga: Pemkab Karanganyar Percepat Pendirian Migran Center 

Penghargaan dari Ombudsman RI yakni tujuh unit layanan dinilai masuk dalam Zona Hijau dengan predikat kualitas tertinggi yaitu, Puskesmas Jumantono (skor 99,65), Puskesmas Karangpandan (99,31), Dinas Kesehatan (99,30), Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (98,66), Dinas Dukcapil (98,58), Dinas Penanaman Modal dan PTSP (97,73), dan Dinas Sosial (97,40).

Sedangkan penghargaan dari Kemenpan RB yaitu tiga unit layanan meraih penghargaan berdasarkan hasil Pemantauan dan Evaluasi Kinerja Penyelenggaraan Pelayanan Publik (PEKPPP) 2024 terdiri dari, RSUD Karanganyar – Kategori Pelayanan Prima (skor 4,53), Dinas Sosial – Kategori Sangat Baik (skor 4,41), Dinas Dukcapil – Kategori Sangat Baik (skor 4,35)

Penyerahan penghargaan dilakukan secara langsung oleh Wakil Bupati Karanganyar, Adhe Eliana, dan Kepala Ombudsman RI Perwakilan Jawa Tengah, Siti Farida, pada Kamis (31/7/2025).

Baca juga: Amankan Data, Bawaslu Gandeng Pemkab Karanganyar

“Kami apresiasi seluruh OPD yang telah menunjukkan kinerja luar biasa. Ini bukti nyata pelayanan publik Karanganyar semakin baik. Kami akan terus tingkatkan efisiensi, adaptasi, dan kolaborasi,” ujar Wabup Adhe Eliana.

Sementara itu, Kepala Ombudsman Jateng Siti Farida menyatakan bahwa Karanganyar berhasil menunjukkan komitmen tinggi dalam pemenuhan standar pelayanan minimal (SPM), bahkan meraih peringkat tujuh nasional.

“Penghargaan ini bukan hanya simbol, tetapi bukti daerah ini taat standar, konsisten, dan serius melayani masyarakat,” jelasnya.(02)

Berita Terkait

BERITA TERBARU

- Advertisement -spot_img

BERITA PILIHAN