30 C
Semarang
, 19 September 2021
spot_img

Ari Santoso: Advokat Muda Peduli Masyarakat Kecil

Karanganyar, Jatengnews.id – Nama Ari Santoso dikalangan advokat di Kota Solo Raya mungkin belum setenar para advokat pada umumnya. Namun kiprahnya di dunia praktisi hukum terutama dalam membela masyarakat yang tersandung persoalan hukum sudah sering dia lakukan.

Selain bekerja secara profesiaonal, Wakil Sekretaris Ikatan Advokat Indonesia (Ikadin) Karanganyar ini juga memberikan bantuan hukum secara gratis kepada warga masyarakat kurang mampu. Sudah banyak kasus yang ditanganinya. Terutama bantuan hukum kepada msyarakat. Salah satu kasus yang pernah ditanganinya adalah sengketa tanah antara seorang warga dengan pengusaha besar di Jakarta.

Saat bincang-bincang dengan Jatengnews.id, Ari menceritakan, kasus perdata yang ditanganinya tersebut berawal dari penjaualan tanah seluas 7000 meter persegi yang dilakukan oleh salah satu keluarga tanpa sepengetahuan ahli waris lainnya. Saat itu, menurut Ari, kliennya tersebut hanya memiliki bukti foto copy sertifikat tanah.

Melalui proses yang cukup panjang, akhirnya kasus yang ditangani tersebut diselesaikan melalui mediasi.

“Alhamdulillah, kita memberikan pemahaman bahwa tanah tersebut merupakan tanah sengketa. Setelah melakukan negosiasi yang cukup panjang, warga Jakarta tersebut dapat memahami dan menyerahkan 5000 meter dari 7000 meter tanah yang disengketakan,”ujarnya Jumat (30/07/2021).

BACA JUGA:  Bea Cukai Surakarta Ungkap Pembuat Miras Palsu

Dari kasus yang ditanganinya tersebut, Ari menjelaskan bahwa belum seluruh warga memahami persoalan hukum secara mendalam, untuk itu, ujar Ari, baik secara pribadi maupun secara organisasi terus memberikan penyuluhan hukum kepada masyarakat.

“Pemahaman hukum masyarakat secara umum masih kurang.  Masyarakat belum memahami hukum  secara detail. Untuk itu, secara berkala kami terus memberikan penyuluhan hukum kepada masyarakat,” jelas alumni Fakultas hukum UNS tahun 2009.

BACA JUGA:  Belajar Musik Sejak Kecil, Kini Eta Jadi Pemusik Profesional

Bagi pria yang saat ini menjabat sebagai wakil sekretaris Ikadin Karanganyar dan sekretaris Pusat Bantuan Hukum (PBH) Peradi Surakarta ini, merupakan satu kebanggaan  ketika mendapat kepercayaan oleh masyarakat atau kliennya atas jasa yang berikan. Soal uang jasa (fee)  yang akan didapat bukan menjadi masalah utama baginya.

“Ada kepuasan batin ketika saya dapat memberikan bantuan hukum kepada masyarakat. Uang memang penting, namun itu bukan masalah utama. Yang terpenting bagi saya, bagaimana memberikan pembelajaran hukum kepada masyarakat,”tandas alumni S2 UMS ini. (Iwan-01).

Berita Terkait

Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img

Berita Pilihan