30 C
Semarang
, 24 October 2021
spot_img

Berkunjung ke Demak, Jangan Lupa Nikmati Segarnya Wedang Rempah Khas Kota Wali

Demak, Jatengnews.id – Indonesia yang merupakan surga berbagai rempah menjadi salah satu potensi yang dimanfaatkan Solikin dalam menciptakan sebuah minuman.

Namanya ialah wedang rempah, sebuah minuman hangat yang diracik menggunakan 13 bahan rempah yang berbeda. Ia mengaku memodifikasi minuman ini sendiri mulai dari awal.

“Saya kan juga menjual kopi jamu, untuk menambah menu saya memodifikasi wedang rempah yang saya uji coba sendiri mulai dari nol,” ungkapnya.

Penyajian wedang rempah ini juga unik karena selain menggunakan gelas yang besar, rempah-rempah yang digunakan masih dibiarkan tanpa disaring terlebih dahulu. Wangi serta hangat ketika wedang ini dikonsumsi bisa menghilangkan letih dan penat setelah seharian bekerja. Porsinya yang jumbo juga membuatnya bisa dikonsumsi lebih dari satu orang.

Sosok yang akrab disapa Pak Kin itu mengatakan awalnya membuat resep tersebut karena tidak sengaja.

Waroeng Krapyak Mas Ozi yang berlokasi di Kampung Krapyak, Kelurahan Bintoro, Kecamatan Demak. (Foto: Devan)

“Saya menciptakan menu baru yang mengikuti keinginan pasar juga. Tapi kan harus ada modifikasi demi persaingan juga,” ujarnya.

Ia bercerita bahwa apabila ada makanan atau minuman baru yang sedang tren, biasanya lama kelamaan akan menurun antusiasmenya. Berbeda dengan minuman racikan miliknya yang malah naik seiring berjalannya waktu.

“Jadi mereka tidak mencari yang hanya enak di mulut, tapi juga merasakan enak di tubuh,” ujarnya.

Pak Kin menuturkan bahwa resep wedang rempah ini sudah ia turunkan kepada anaknya. Resep minuman buatannya ini ternyata pernah ditawar oleh beberapa pihak untuk dibeli.

BACA JUGA:  Pemerintah Datangkan 14 Juta Dosis Bahan Baku Vaksin Sinovac

“Tapi saya tidak mau menjualnya. Karena menurut saya kekayaan intelektual itu tidak ternilai harganya,” ucapnya.

Meski sudah menurunkan resep wedang tersebut kepada anaknya, Pak Kin menuturkan bahwa tidak ada niatan memaksakan agar wedang rempah ciptaannya harus diteruskan.

Kenikmatan wedang rempah ini sendiri menurutnya sudah mencapai daerah-daerah di luar Kota Wali. Beberapa di antaranya dari Semarang, Kudus, dan Jepara.

BACA JUGA:  JW Naungan Coliving Solo Raih Penghargaan Customer Review Award 2021

Wedang rempah khas Demak ini bisa ditemukan di Waroeng Krapyak Mas Ozi yang berlokasi di Kampung Krapyak, Kelurahan Bintoro, Kecamatan Demak.

Tak hanya minuman dan camilan seperti singkong goreng khas buatannya, di Waroeng Krapyak Mas Ozi bisa ditemukan juga sop balungan rendah kolesterol. Hal ini dikarenakan proses pengolahannya yang juga melibatkan rempah-rempah.

Bagi pengunjung yang penasaran akan bagaimana rasa dari wedang yang khas ini, warung tersebut mulai beroperasi dari sekitar pukul 10.30 WIB. Untuk bisa menikmati minuman menyehatkan ini pecinta kuliner bisa merogoh kocek mulai dari Rp10 ribu.

Menutup wawancara, Solikin berharap agar masyarakat Indonesia bisa kembali mencintai Indonesia dengan melestarikan serta bangga akan sumber daya alam Indonesia yang kaya rempah-rempah.

“Mari back to nature, kembali ke alam,” pungkasnya. (Adv/Devan-01).

Berita Terkait

Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img

Berita Pilihan