22.2 C
Semarang
, 2 August 2021
spot_img

Bubur Ayam Masjid Muhammad Rifai, Menu Favorit Buka Puasa

Semarang, Jatengnews.id – Menjelang berbuka puasa, puluhan anak-anak ramai mendatangi sebuah Masjid Muhammad Rifai di Kelurahan Sambiroto, Tembalang, Kota Semarang.

Mereka rupanya ingin menikmati menu khas buka puasa bubur ayam di masjid itu. Tak hanya anak-anak, para pekerja seperti ojek online dan pekerja bangunan setiap sore menyempatkan datang untuk menikmati berbuka dengan hidangan tersebut.

Tradisi berbuka bubur ayam di Masjid Muhammad Rifai memang tidak setenar seperti tradisi berbuka di Masjid Pekojan dengan Bubur India dan Masjid Layur dengan Kopi Arabnya. Namun, siapa sangka, berbuka di masjid ini ibarat rumah bagi para pekerja dan tempat sosialisasi masyarakat saat berbuka puasa.

Ketua Takmir Masjid Muhammadiyah Rifai, KH Ahmad Suhari mengatakan, tradisi makan bubur ayam ini sudah berjalan lebih dari 10 tahun. Pemilihan menu bubur ayam karena tradisi masyarakat sekitar yang suka dengan bubur.

“Kami sudah berjalan lebih dari 10 tahun. Setiap menjelang berbuka puasa kami rutin menyediakan bubur ayam. Kami menyediakan 100 sampai 200 porsi setiap hari,” kata Ahmad saat ditemui di kantor takmir, Rabu (12/5/2021).

BACA JUGA:  Bek Pratama Arhan Diincar Klub Korea Selatan, Ini Komentar PSIS

Ia mengatakan, hidangan bubur ayam  ini menjadi favorit bagi pekerja yang ingin berbuka puasa.

“Memang di masjid ini selalu menjadi rujukan oleh masyarakat seperti ojol, pekerja bangunan, dan masyarakat sekitar untuk menikmati berbuka puasa sajian bubur ayam ini,” ucapnya.

Ia mengakui, sebelum menghidangkan menu bubur ayam, pihaknya pernah menyiapkan menu sesuai sunnah Rasul yaitu kurma dan minuman hangat. Namun, sajian seperti itu  kurang diminati masyarakat. Sehingga takmir memutuskannya untuk membuat bubur ayam.

BACA JUGA:  Pemkot Kembali Buka Tempat Karantina Terpusat di Kota Semarang

“Mungkin karena tradisi masyarakat Jawa itu suka dengan bubur. Banyak yang mengatakan setelah makan bubur itu perut terasa nyaman. Tidak seperti nasi yang cenderung makan berat dan kurang diminati saat berbuka puasa,” tambahnya.

Masjid Muhammad Rifai yang berlokasi di Sambiroto tersebut setiap Ramadan selalu menyediakan berbuka puasa bubur ayam. Di sana menjadi tempat yang ramah bagi pekerja untuk berbuka puasa. (Majid-02)

Berita Terkait

Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img

Berita Pilihan