34 C
Semarang
, 25 September 2022
spot_img

Dinas Pariwisata Demak Dorong Pengembangan Desa Wisata

Demak, Jatengnews.id – Dinas Pariwisata (Dinparta) Kabupaten Demak terus mendorong upaya pengembangan desa wisata yang ada di Kabupaten Demak.

Seperti diketahui Kabupaten Demak sendiri memiliki 12 desa wisata (Deswita). Mulai dari wisata bahari hingga ekonomi kreatif. Bahkan dari beberapa potensi yang ada menyabet juara Anugerah Pesona Indonesia (API) Award Kemenparekraf.

Baca juga: Nikmatnya “Rujak Pedo” Khas Desa Wisata Morodemak, Campuran Ikan Laut Manis-Manis Gurih

Plt Kepala Dinparta Demak, Endah Cahyarini melau Sub Koordinasi Pelayanan Informasi Pariwisata Siti Umi Kalsum mengatakan dalam upaya pengembangan Deswita di Demak sendiri Dinparta sendiri di antaranya memfasilitasi pelatihan dan promosi wisata.

“Dinas Pariwisata tentunya memberikan suport di sini artinya kita memberikan pembinaan-pembinaan kemudian memfasilitasi dengan pelatihan-pelatihan, jadi pelatihan yang bisa menghidupkan desa wisata,” katanya kepada Jatengnews.id, Jumat (16/9/2022).

Kantor Dinas Pariwisata Demak. (Foto: Zaidi)

Jadi, lanjut dia, pelatihan yang bisa menghidupkan desa wisata di antaranya pelatihan tentang manajemen, pengelolaan desa wisata, pelatihan homestay, kemudian ekonomi kreatif dan tentunya melakukan monitoring.

Terkait desa wisata, menurutnya bahwa di desa tidak hanya mengembangkan pemerintahan akan tetapi memiliki inovasi bahwa desa tersebut berpotensi untuk menjadi desa wisata.

“Di samping itu juga terkait pendukungnya, desa wisata itu kan harus ada home stay, kemudian ekonomi kreatifnya istilahnya harus hidup, itu untuk mendukung baik itu umkm souvenirnya, sehingga kalau semua ini bareng-bareng jalan atau bergerak tentunya akan mempengaruhi kesejahteraan masyarakat di desa itu,” paparnya.

Baca juga: Festival Jajanan Tradisional Desa Bungo Demak Hadirkan Kuliner Lokal untuk Tingkatkan Nilai Ekonomi dan Promosi Wisata

Berikut daftar desa wisata yang ada di Kabupaten Demak.

1. Desa Wisata (Deswita) Tambak Bulusan, Kecamatan Karangtengah.

2. Deswita Tlogoweru, Kecamatan Guntur.

3. Deswita Karangmlati, Kecamatan Demak.

4. Deswita Bedono, Kecamatan Sayung.

5. Deswita Bungo, Kecamatan Wedung.

6. Deswita Boyolali, Kecamatan Gajah.

7.DeswitaWonosari, Kecamatan Bonang.

8. Deswita Jragung, Kecamatan Karangawen.

9. Deswita Candisari, Kecamatan Mranggen.

10. Deswita Bremi, Kecamatan Mijen.

11. Deswita Morodemak, Kecamatan Bonang.

12. Deswita Jatiroga, Kecamatan Bonang.

Dari masing-masing desa wisata tersebut memiliki potensi wisata dan produk ekonomi kreatif yang berbeda-beda. Untuk itu Dinas Wisata Demak terus mendorong upaya pengembangannya. (Adv/Zaidi-02)

Berita Terkait

Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img

Berita Pilihan