30 C
Semarang
, 24 October 2021
spot_img

DLH Pantau Aliran Anak Bengawan Solo

Karanganyar, Jatengnews.id – Aliran Sungai Bengawan Solo saat ini diklaim dalam kondisi baik jika dibandingkan dengan tahun lalu. Hal tersebut diketahui berdasarkan hasil monitoring yang dilakukan oleh tim gabungan dari wilayah Solo Raya serta tim monitoring Pemerintah Provinsi Jawa Tengah.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Karanganyar, Bambang Djatmiko kepada sejumlah wartawan Selasa (14/09/2021) menyampaikan,  berdasarkan hasil monitoring, kondisi sungai masih baik meskipun ada pencemaran yang berasal dari wilayah di luar Kabupaten Karanganyar.

“Kami melihat kondisi air masih bagus. Untuk itu, kami akan terus melakukan pemantauan,”terangnya.

Disinggung mengenai sejumlah perusahaan yang melakukan pencemaran terhadap air Sungai Bengawan Solo, Bambang menegaskan, pihaknya  telah memberikan sanksi administrasi terhadap 11 perusahaan di Karanganyar yang bermasalah dalam pembuangan air limbah di anak Sungai Bengawan Solo.

BACA JUGA:  Kades Protes Soal Hajatan, Ini Kata Bupati Sragen

“Ada 11 perusahaan  yang kita berikan sanksi administratif. Seluruhnya memberikan brespon yang baik dengan memperbaiki IPAL yang dimiliki,”ujarnya.

Dijelaskannya, Dinas Lingkungan Hidup juga telah menurunkan tim untuk memeriksa indeks kualitas air beberapa anak sungai Bengawan Solo pada 2 pekan lalu. Pengambilan sample air dilakukan di hulu tengah dan hilir beberapa anak sungai tersebut.

BACA JUGA:  Optimalkan Teknologi Digital, Jateng Raih Peringat I Nasional Pengawasan Kearsipan

“Hasil pemeriksaan laboratorium  akan dijadikan analisa dasar untuk membuat langkah-langkah kerjasama dengan sejumlah pihak terkait untuk penanganan lingkungan anak sungai Bengawan Solo yang berada di Karanganyar,”pungkasnya. (Iwan-02)

Berita Terkait

Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img

Berita Pilihan