27 C
Semarang
, 24 September 2022
spot_img

Forum CSR Diminta Bantu Pembuatan Tangga Pendakian Gunung Lawu

Karanganyar, Jatengnews.id – Bupati Karanganyar yang berencana membuat tangga pendakian Gunung Lawu kembali mengemuka. Dibutuhkan kerjasama semua pihak untuk mewujudkan tangga menuju Puncak Lawu tersebut.

Asisten II Setda Kabupaten Karanganyar, Titis Sri Jawoto menyampaikan, saat ini pihaknya memiliki anggaran Rp 200 juta yang akan digunakan untuk biaya tenaga kerja.

Baca juga: Diduga Kelelahan, Pendaki Asal Solo Meninggal di Gunung Lawu

Sedangkan untuk material tangga, menurut Titis akan dibantu oleh para pelaku pariwisata, ekonomi dan pendidikan melalui corporate social responsibility (CSR).

“Pembuatan tangga Lawu ini memerlukan keterlibatan semua pihak,”kata Titis Jumat (23/9/2022).

Titis menjelaskan belum terwujudnya tangga Lawu tersebut, karena persoalan regulasi.

“Status kepemilikan tanah merupakan milik Perhutani. Sehingga kita tidak dapat mengalokasikan anggaran,”jelasnya.

Ditambahkannya, tangga akan dibangun hingga ke Pos II.

“Kita tidak membuka jalur baru. Hanya menata jalur yang ada hingga ke pos dua. Dari pos dua ini, para pendaki nantinya dapat menikmati pemandangan alam yang cukup indah,”kata dia.

Baca juga: Tidak Kuat Menahan Dingin, Pria Magelang Dievakuasi dari Pos 3 Gunung Lawu

Terpisah, Ketua Komunitas Anak Gunung Lawu (AGL) Rusianto berharap agar material pembuatan tangga gunung Lawu tidak dengan pengecoran yang dapat mengurangi sifat alaminya.

“Silahkan saja ditindaklanjuti. Saya menyarankan jangan asal dibangun. Saya mengusulkan agar tangga tidak terbuat dari campuran semen yang akan merusak alam dan mengurangi nuansa alami. Pemilihan material harus tepat,”tukasnya. (Iwan-02).

Berita Terkait

Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img

Berita Pilihan