30 C
Semarang
, 24 October 2021
spot_img

Hadirkan Aroma Nikmat, Kopi Siwalan Candisari Bisa Jadi Alternatif Oleh-oleh Khas Demak

Demak, Jatengnews.id – Ratusan pohon siwalan tertanam di lingkungan Desa Candisari, Mranggen, Demak. Nyaris seluruh bagian pohon siwalan bisa dimanfaatkan oleh warga sekitar.

“Di sini (Desa Candisari) ada 400 an pohon siwalan. Selain buah siwalan yang bisa dikonsumsi, bagian pohon yang lain juga biasa dimanfaatkan. Seperti daunnya bisa dibuat menjadi caping kropak, batang pohonnya dibuat untuk bangunan rumah, akarnya untuk campuran wedang rempah,” kata Ketua Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Candisari, Muhamad Sholeh Kasun saat ditemui di Balai Desa Candisari, Senin (4/10/2021).

Tidak hanya itu, menurutnya buah siwalan bagi warga Desa Candisari tidak hanya dikonsumsi secara langsung saja. Melainkan buah siwalan juga diolah menjadi campuran minuman kopi.

“Desa Candisari juga memiliki minuman khas, yaitu kopi siwalan. Cara membuatnya yaitu buah siwalan yang sudah tua itu kan keras, kemudian dikupas, terus dipotong menjadi kecil-kecil, lalu disangrai bersama kopi, maka jadilah kopi siwalan,” terang Pria berusia 51 tahun itu.

BACA JUGA:  Hendi Tambah Sentra Vaksinasi, Sasar 6.000 Warga Setiap Hari
Ketua BUMDes Candisari, Muhammad Sholeh Kasun saat menunjukkan pohon siwalan di area Desa Candisari Kecamatan Mranggen Kabupaten Demak. (Foto: dok)

Kopi siwalan Desa Candisari, lanjutnya, juga diperjual belikan. Dengan kemasan 250 gram, dijual dengan harga Rp 20 ribu.

“Jadi itu dijual dalam bentuk bubuk siap saji,” imbuhnya.

Sedangkan perihal rasa, dikatakannya meskipun dikombinasikan dengan kopi aroma siwalan sangat mendominasi. Sehingga memiliki ciri khas tersendiri.

“Nanti akan dijadikan sebagai oleh-oleh Khas Candisari untuk para wisatawan yang datang ke Desa Candisari,” tuturnya.

BACA JUGA:  Pemerintah Turunkan Level PPKM di Sejumlah Daerah Mulai 24 Hingga 30 Agustus 2021

Ia berharap ke depan Desa Candisari sudah memiliki bangunan gerai UMKM untuk menampung kuliner khas dari Desa Candisari.

“Sehingga para wisatawan yang datang, bisa langsung diarahkan ke gerai UMKM, jika mencari oleh-oleh khas untuk dibawa pulang,” paparnya.

Adapun bagi masyarakat yang penasaran rasa nikmatnya Kopi Siwalan untuk sekadar mencicipi atau bisa buat oleh-oleh khas Demak bisa menghubungi Muhamad Sholeh Kasun di nomor WhatsApp (WA) 0813-2831-9741. (Adv/Sukri-01).

Berita Terkait

Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img

Berita Pilihan