32 C
Semarang
, 5 July 2021
spot_img

Hari TBC Sedunia, Dinkes Demak Santuni Pasien TBC

Demak, Jatengnews.id – Menyambut hari TBC sedunia yang jatuh pada tanggal 24 Maret 2021, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Demak melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Demak mengadakan rangkaian kegiatan meski di tengah pandemi virus corona (Covid-19).

Kepala Dinkes Kabupaten Demak, Guvrin Heru Putranto menjelaskan, kegiatan diisi dengan pemberian bantuan sembako kepada pasien TBC, baik TBC sensitive obat maupun TBC resisten obat.

“Ada senam bersama karyawan Dinas Kesehatan dan Pemegang Program TBC baik puskesmas maupun RS se-Kabupaten Demak di halaman Dinkes Demak,” ucapnya beberapa waktu lalu.

Foto bersama usai melakukan rangkaian peringatan hari TBC Sedunia Dinkes Demak (Foto: dok Dinkes)

Kemudian acara dilanjutkan dengan pembagian stiker dan masker bagi pengguna jalan.

Sementara Kepala Bidang Pemberantasan Penyakit, Heri Winarno menambahkan, tim P2PM melanjutkan kegiatan dengan bagi-bagi nasi bungkus dan masker bagi masyarakat yang membutuhkan (tukang becak dan duafa).

BACA JUGA:  Spanyol Tanpa Gol Lawan Swedia, Slovakia Menang 2-1 Atas Polandia

“Kegiatan diakhiri dengan kunjungan ke Rumah Pelayanan Sosial Dinas Sosial P2PA Kabupaten Demak. Diharapkan dengan kegiatan ini masyarakat semakin peduli dengan penyakit TBC,” katanya.

Sementar itu, Kasi Pemberantasan Penyakit, Tri Handayani menghimbau, apabila menemukan penderita batuk lebih dari dua minggu agar segera dibawa ke pelayanan kesehatan.

“Baik dibawa ke puskesmas maupun rumah sakit untuk dilakukan pemeriksaan dahak dan dipastikan sebagai penderita TBC atau bukan,” paparnya. (Adv/Zaidi)

BACA JUGA:  Jelang Ramadhan, Hendi Ziarahi Makam Sesepuh Semarang

Berita Terkait

Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img

Berita Pilihan