25.8 C
Semarang
, 24 October 2021
spot_img

Hendi Apresiasi Program CSR Pemberdayaan Ekonomi Kreatif Urban Farming PT PII

Semarang, Jatengnews.id – PT Penjaminan Infrastruktur Indonesia (Persero) atau PT PII menggadakan program Corporate Social Responsibilities (CSR) terhadap program pemberdayaan ekonomi kreatif urban farming untuk warga RW 04, Kelurahan Kedungpane, Kecamatan Mijen, Kota Semarang, Jawa Tengah.

Sebagain informasi, melalui keterangan tertulis yang diterima Jatengnews.id, Senin (13/9/2021) program ini dimulai sejak Juni 2021 dan sempat terhenti ketika diberlakukannya PPKM. Program ini diawali dengan sosialisasi program yang sudah dilakukan beberapa waktu lalu. Kemudian dilanjutkan dengan kegiatan pelatihan bagi warga untuk memperkaya wawasan mulai dari pengenalan urban farming, pembibitan, pindah tanam, pemupukan, perawatantanaman, pembuatan rumah kaca, demplot dan juga pengenalan tanaman estetik.

Selain itu, program seperti ini sebelumnya pernah dilaksanakan oleh PT PII untuk warga RW 02 Kelurahan Bambankerep, Kecamatan Ngaliyan, Kota Semarang pada Oktober hingga Desember 2020.

Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi menyambut baik apa yang dilakukan oleh PTP II terhadap warga yang berada disekitar proyek SPAM Semarang Barat. Menurutnya, kepedulian perusahaan kepada warga terdampak proyek merupakan langkah nyata yang manfaatnya dapat dirasakan langsung oleh warga.

“Kami berharap program urban farming ini, selain dapat mendorong kemandirian warga juga berdampak positif terhadap lingkungan pemukiman warga yang lebih hijau dan asri,” ujar Hendi panggilan akrabnya.

BACA JUGA:  Taj Yasin Minta Penanganan Anak Yatim Piatu di Daerah Kemiskinan Ekstrem Diutamakan

Direktur Utama PT PII M Wahid Sutopo dalam sambutannya menyatakan, bahwa ini merupakan wujud kepedulian PT PII terhadap warga yang berada di lingkungan sekitar konstruksi IPA (Instalasi Pengolahan Air Minum) yang merupakan bagian dari proyek SPAM (SistemPenyediaan Air Minum) Semarang Barat dimana PT PII berperan sebagai Penyedian Penjaminan Pemerintah pada proyek tersebut.

“Kegiatan ini diharapkan dapat membangun dan menumbuhkan jiwa kemandirian finansial dan nilai tambah ekonomi warga melalui kewirausahaan dan juga bermanfaat bagi lingkungan yang lebih sehat dengan tersedianya Green House di Kelurahan Kedungpane, KecamatanMijen, Kota Semarang Jawa Tengah” lanjut Sutopo.

BACA JUGA:  Masih Level 4, Semua Obyek Wisata Masih Ditutup

Perusahaan mengucapkan terima kasih atas dukungan dan kerjasama yang diberikan kepada PT PII sehingga terlaksana  kegiatan ini, dari Pemerintah Provinsi Jawa Tengah, Kecamatan Mijen dan perangkatnya. Tiga Langkah selaku mitra pelaksana kegiatan, dan tentunya masyarakat Kelurahan Kedungpane, Kecamatan Mijen atas antusiasnya.

“Lewat dukungan CSR PT PII dan dukungan stakeholder, kami yakin keberadaan infrastruktur SPAM Semarang Barat dapat memberikan manfaat tidak hanya layanan air minum berkualitas, namun juga pemberdayaan ekonomi masyarakat sekitar,” harap Sutopo. (Ody-01).

Berita Terkait

Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img

Berita Pilihan