32.9 C
Semarang
, 9 May 2021
spot_img

Jalin Sinergitas, UMKM dan Dindagkop UKM Audiensi dengan DPRD Demak

Demak, Jatengnews.id – Bangun sinergitas antara pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dan pemerintah daerah, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Demak menerima audiensi pelaku UMKM dengan Dinas Perdagangan Koperasi dan UKM (Dindagkop UKM), Kamis (23/04/2021).

Ketua DPRD Kabupaten Demak Sri Fahrudin Bisri Slamet menuturkan, penyerapan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) harus digenjot agar perekonomian bisa bergeliat dan pelaku UKM yang terdampak bisa mulai bangkit lagi.

“Bagaimana usaha UKM ini bergeliat maka kita bisa membantu penyediaan handycraft maket Masjid AgungDemak untuk setiap Organisasi Pemerintahan Daerah (OPD),” terangnya.

Pelaku UMKM dan Dindagkop UKM Demak berfoto bersama dengan Ketua DPRD Demak. (Foto : Nizar)

Sementara itu, Ketua Forum UMKM Demak Kota Wali Ali Mustofa mengungkapkan, berkenaan dengan pengajuan produk UMKM di kalangan ASN di Kabupaten Demak, besar harapannya Pemerintah Daerah bisa membantu penjualan produk UKM lokal yang ada di Demak.

BACA JUGA:  Sambangi Panti Asuhan, Paryono Beri Bantuan kepada Anak-anak Santri

“Karena selama pandemi ini kami kesulitan mengenai pemasaran produk lokal. Untuk pemodalan sudah ada dari BRI ada KUR,  produksi sudah bagus dan pelatihan-pelatihan juga ada dan bagus,” jelasnya.

Menurutnya kendala yang dihadapi saat ini yakni soal pemasaran, akan tetapi ketika dijual lewat media online kurang signifikan karena dari segi harga kalah saing dari harga pabrikan.

“Untuk pelatihan-pelatihan dari Dindagkop UKM sudah lengkap, mungkin porsinya saja yang di tambah karena banyak UKM yang tumbuh, lah itu butuh sentuhan-sentuhan pelatihan,” paparnya.

BACA JUGA:  Sambangi Panti Asuhan, Paryono Beri Bantuan kepada Anak-anak Santri

Hal senada juga disampaikan Kepala Dindagkop UKM Demak Iskandar Zulkarnain, bahwa pihaknya telah membuat pelatihan dan bantuan-bantuan untuk semua UMKM yang ada di Kabupaten Demak.

“Pelatihan-pelatihan dengan mendatangkan praktisi dibidangnya sudah kita lakukan, tinggal temen-temen harus memiliki kreativitas, semangat, inovatif, dan kesiapan untuk terus berkembang,” pungkasnya. (Adv/Nizar-02)

Berita Terkait

Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img

Berita Pilihan