30 C
Semarang
, 19 September 2021
spot_img

Jelang Idul Adha, Sunarto Cari Untung Besar dengan Bisnis Hewan Kurban

Semarang, Jatengnews.id – Sepekan jelang Hari Raya Idul Adha 2021, banyak pedagang musiman hewan kurban bermunculan. Seperti yang dilakukan oleh Sunarto (50), yang sudah sepuluh tahun melakoni bisnis hewan kurban.

Berjualan di lapaknya, di Jalan Raya Ngaliyan Semarang-Boja KM 4, Sunarto mengaku, pada momen Idul Adha, dirinya mampu menjual 50 ekor sapi dan 75 ekor kambing. Namun semenjak pandemi, penjualannya berkurang.

“Memang dampak dari pandemi begitu terasa, penjualan mengalami penurunan drastis. Sejak pandemi, pada 2020, Saya hanya mampu menjual 30 ekor sapi, dan 50 ekor kambing. Ya bagaimana, banyak orang yang tidak kerja,” jelas Sunarto saat ditemui di lapaknya, Rabu (14/07/2021).

Sedangkan untuk 2021 ini, Sunarto mengatakan sementara sudah bisa menjual 17 ekor sapi dari 22 ekor sapi yang tersedia, dan 30 ekor kambing dari total 50 ekor, sejak membuka lapak pada 20 Juni 2021.

BACA JUGA:  Ganjar Sambut Dubes Austria, Bahas Kerjasama Sekolah Vokasi dan UMKM

“Memang awal-awal buka lapak, sempat sepi, karena memang belum ada keputusan kepastian dari pemerintah perihal boleh atau tidaknya penyembelihan hewan kurban. Namun saat ini setelah kebijakan pemerintah sudah keluar, Alhamdulillah respon masyarakat cukup banyak,” ujar lelaki kelahiran Lamongan tersebut.

Dia menambahkan, biasanya dua hari menjelang Idul Adha pembeli hewan kurban akan meningkat. Sunarto menjual sapi dagangannya, dengan harga kisaran Rp 20 juta hingga Rp 26 juta. Sedangkan untuk kambing, Rp 3 juta sampai Rp 4,5 juta.

BACA JUGA:  Ganjar Sambut Dubes Austria, Bahas Kerjasama Sekolah Vokasi dan UMKM

“Di sini tersedia, sapi jenis limosin, simental, dan pegon. Sedangkan kambing jenisnya Jawa randu. Saya ambil dari daerah Purwodadi,” jelasnya. (01).

Berita Terkait

Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img

Berita Pilihan