34 C
Semarang
, 19 September 2021
spot_img

Kandaskan Kolombia 3-2, Argentina Bersua Brasil di Final Copa America 2021

Brasilia, Jatengnews.id – Argentina akhirnya lolos ke final Copa America 2021 usai kalahkan Kolombia pada adu penalti dengan skor 3-2 dalam semifinal di Estadio Nacional de Brasilia, Brasil, Rabu (7/7/2021) pagi WIB.

Kemenangan Argentina atas Kolombia ditentukan lewat adu penalti setelah keduanya bermain imbang 1-1 hingga babak kedua berakhir.

Berjalanya pertandingan di babak pertama, Argentina dengan motor serangan Lionel Messi langsung menyerang lebih awal. Lantas Argentina secara cepat berhasil menjebloskan bola ke jantung pertahanan Kolombia di menit ke-7 lewat sepakan penyerang Inter Milan, Lautaro Martinez. Skor berubah 1-0 untuk keunggulan Argentina.

Kebobolan satu gol membuat Kolombia mencoba keluar dari tekanan dengan melakukan serangan balik selang satu menit kebobolan. Namun, peluang tersebut gagal berbuah gol setelah kiper Argentina, Emiliano Martinez, melakukan penyelamatan gemilang.

Laga terus berjalan dengan sangat sengit, akan tetapi babak pertama ditutup dengan keunggulan 1-0 untuk Argentina.

Pada babak kedua, Kolombia langsung mengancam pertahanan Argentina. Berbagai tekanan dilakukan Kolombia tanpa henti untuk merobohkan tembok tebal pertahanan Argentina.

Akhirnya di menit ke-60 Luis Diaz berhasil mendorong bola dengan sempurna hingga mampu memasukkannya ke gawang Emiliano Martinez. Kedudukan menjadi imbang 1-1.

BACA JUGA:  DKK Karanganyar Tetap Pertahankan Ruang Isolasi

Hingga babak kedua usai, kedua tim tak kunjung mengubah kedudukan. Alhasil, laga tersebut harus ditentukan via adu penalti.  Kiper Albiceleste, Emiliano Martinez, menjadi pahlawan setelah menggagalkan tiga eksekustor penalti Kolombia, dan membuat skor akhir 3-2.

Dengan hasil ini, Argentina melaju ke partai pamungkas Copa America 2021. Lionel Messi dkk akan menantang Brasil selaku juara bertahan.

Ini menjadi laga ulangan kedua tim pada semifinal Copa America 2019. Saat itu, Brasil sukses meredam Argentina 2-0 berkat gol Gabriel Jesus dan Roberto Firmino.

BACA JUGA:  Sering Jadi Narasumber Seminar, Dr April Tergerak Jadi Dosen

Brasil dan Argentina merupakan dua tim raksasa Amerika Latin yang memiliki rivalitas panjang. Kedua tim sudah bertemu sebanyak 111 kali di berbagai kompetisi sejak 1914.

Melihat rekor pertemuan kedua tim, Brasil lebih unggul atas Argentina. Tim Samba sudah meraih kemenangan 46 kali, sementara Argentina menang 40 kali dan 25 laga lainnya berakhir imbang.

Laga pamungkas Argentina vs Brasil di final Copa America 2021 dijadwalkan berlangsung pada Minggu (11/7/2021) pagi WIB di Stadion Maracana. (Nizar-02)

Berita Terkait

Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img

Berita Pilihan