30 C
Semarang
, 24 October 2021
spot_img

Kemenag Tegaskan Vaksin Bukan Syarat Untuk Nikah

Karanganyar, Jatengnews.id – Kementerian Agama (Kemenag) Karanganyar membantah jika bukti telah menjalani vaksinasi menjadi salah satu persyaratan untuk melangsungkan pernikahan.

Hal tersebut ditegaskan Kepala Kemenag Karanganyar Wiharso kepada sejumlah wartawan Selasa (14/09/2021). Menurut Wiharso, salah satu persyaratan tambahan untuk melangsungkan pernikahan hanya rapid test antigen bagi calon pengantin.

“Bukti vaksin itu bukan syarat nikah. Belum ada ketentuan mengenai persyaratan tiu. Kami dari Kemenag hanya mensyaratkan Rapid test antigen bagi kedua mempelai jika ingin melangsungkan pernikahan. Dalam prosesi akad nikah, kami juga menerapkan protokol kesehatan dengan ketat,”jelasnya.

Sebelumnya, saat mengikuti vaksinasi yang digelar oleh Polres Karanganyar, Bram, salah satu warga peserta mengaku jika dia mengikuti vaksinasi sebagai persyaratan untuk melangsungkan pernikahan. Dia berharap, dengan vaksinasi yang saat ini gencar dilakukan pemerintah, pendemi Covid-19 segera berakhir.

BACA JUGA:  Ini Syarat UMK Ikuti Program Sertifikasi Halal Gratis dari Kemenag

“Dalam waktu dekat saya akan menikah. Untuk itu saya ikut vaksin,”ujarnya.

Sebagaimana diketahui, Polres Karanganyar melalui program serbuan vaksin, telah melakukan suntikan vaksin terhadap 12.000 ribu warga Karanganyar. Baik dosis pertama maupun dosis kedua.

Kapolres Karanganyar AKBP Mochammad Syafi Maulla melalui Kasi Humas Iptu Agung Purwoko mengatakan, serbuan vaksinasi ini dilakukan sebagai salah satu upaya yang dilakukan oleh Polres untuk percepatan vaksinasi yang dicanangkan pemerintah.

BACA JUGA:  Terobosan Ganjar Majukan Radio Daerah Se-Indonesia

“Vaksinasi akan terus kita lakukan sebagai upaya menciptakan kekebalan komunal untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19,”ujarnya. (Iwan-02).

Berita Terkait

Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img

Berita Pilihan