30 C
Semarang
, 24 October 2021
spot_img

Keren, Emping Jagung Desa Jragung Mampu Tembus Pasar Luar Negeri

Demak, Jatengnews.id – Emping Jagung yang merupakan oleh-oleh khas Desa Jragung kini sudah mampu menembus pasar luar negeri. Cemilan renyah berbahan dasar jagung tersebut, banyak diminati oleh orang-orang di luar negeri.

“Emping jagung kami ini, sudah dipasarkan hingga ke luar negeri. Mulai dari Korea, China, Taiwan, Hongkong. Karena memang warga kita banyak yang bekerja di sana. Kemudian mereka minta dikirimkan emping jagung, jadi mereka yang diluar negeri pun dapat keuntungan, karena dijual di sana lebih mahal, tetapi ternyata banyak yang suka,” kata Kepala Desa Jragung Edy Susanto saat ditemui, Senin (4/10/2021).

Ia menambahkan, Desa Jragung merupakan salah satu penghasil jagung di Kabupaten Demak. Namun mayoritas warga masih menjualnya secara tradisional. Panen, dikeringkan, dijual.

“Kami dari Pemerintah Desa (Pemdes) kemudian memfasilitasi warga dengan mengadakan pelatihan pembuatan emping jagung. Setelah pelatihan usai, kami bantu mereka dengan alat, jadi mereka bisa membuat emping jagung sendiri, kemudian dipasarkan,” terang Pria berusia 51 tahun tersebut.

BACA JUGA:  Cek Pertokoan dan Mal di Semarang, Begini Kata Ganjar!

Dengan demikian, ujarnya, masyarakat mampu untuk meningkatkan perekonomiannya. Mereka bisa meningkatkan nilai jagung saat sudah diolah menjadi cemilan.

Salah satu pelaku UMKM memperlihatkan Emping Jagung Desa Jragung dalam kemasan. (Foto: dok)

“Artinya yang biasanya jagung dengan berat 1 Kg dijual dengan harga 4000 saja, tetapi setelah diolah menjadi emping jagung, 1 Kg jagung itu bisa jadi uang Rp 50 ribu sampai Rp 60 ribu. Jadi jauh sekali perbandingannya,” jelasnya.

Bahkan semakin ke sini, menurutnya warga semakin kreatif. Yaitu emping jagung dikembangkan dengan memberikan berbagai varian rasa.

“Selain rasa original, juga sudah ada rasa balado, asam manis, rasa pedas,” imbuhnya.

BACA JUGA:  Jokowi Dukung Vaksinasi dari Rumah ke Rumah

Perihal pemasaran, selain sudah mampu tembus di pasar luar negeri, emping jagung Desa Jragung juga dipasarkan di toko-toko tradisional.

“Emping jagung dengan harga Rp 10 ribu, itu sudah bisa untuk satu keluarga, satu rumah, saat bersantai bisa digunakan teman cemilan,” jelasnya.

Sebagai informasi bagi yang ingin mencicipi atau bisa buat oleh-oleh khas Demak bisa menghubungi Kepala Desa Jragung Edy di nomor WhatsApp (WA) 081393474747. (Adv/Sukri-01).

Berita Terkait

Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img

Berita Pilihan