33 C
Semarang
, 25 September 2022
spot_img

Kriyanusa 2022, Dekranasda Jateng Boyong 8 UMKM ke JCC

Jakarta, Jatengnews.id  – Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Jawa Tengah mengirim delapan UKM kriya ke pameran Kriyanusa 2022 di Jakarta Convention Center (JCC), 21-25 September ini. Selain ajang pamer, kegiatan ini diharap membuka pintu-pintu dagang baru bagi para perajin kriya di Jateng.

Sekretaris Dekranasda Jateng Ema Rachmawati mengatakan, delapan UKM yang akan berpameran di Kriyanusa 2022, telah melalui kurasi ketat oleh desainer kondang Musa Widyatmodjo. Bukan hanya dari segi kualitas produk, tapi juga harga.

Baca juga: Resmi Dibuka Ganjar, Dekranasda Jateng Store di Bandara YIA Pasarkan Ratusan Jenis Produk UMKM

Ia mengatakan, konsep “one stop shopping” akan diusung oleh Dekranasda Jateng di Kriyanusa 2022. Secara kualitas, produk kriya asal Jawa Tengah dinilai bermutu, baik bahan maupun bentuk.

“Jadi ketika perempuan berbelanja sudah ada bajunya, perhiasan, tasnya tak usah ke mana-mana, tapi sudah ada cocokannya. Selain ada dress, ada juga kain batiknya,” ujar Ema, ditemui di sela-sela persiapan penataan stand Dekranasda Jateng di JCC, Selasa (20/9/2022).

Adapun kedelapan UKM Kriya yang ikut berpameran ke Kriyanusa 2022 adalah, Kenes Ayu Semarang (tas wanita), Defenta Kendal (tas wanita), D’ sultan Salatiga (akesoris), Zem Silver Demak (aksesoris), Muria Batik Kudus (batik dan baju siap pakai), Dahlia Kudus (bordir), Batik Gunung Kendil Rembang (kain batik tulis premium), Tenun Hoedas Jepara (tenun  premium).

Baca juga: Siap Laksanakan Arahan Ketum Dekranas, Atikoh : Harus Gotong Royong

Selain berpameran, Ema menargetkan agar Kriyanusa juga berpengaruh pada pesanan para perajin. Mengingat, ini adalah pameran perdana, setelah dunia kerajinan diombang-ambing pandemi selama dua tahun.

“Terakhir ada pameran pada 2018, mudah-mudahan membuka pasar baru tidak cuma retail, tapi yang lebih besar dan jangka panjang atau repeat order,” pungkas Ema.(02)

Berita Terkait

Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img

Berita Pilihan