34 C
Semarang
, 25 September 2022
spot_img

Menilik Desa Wisata Karangmlati Demak, Sulap Ban Bekas Jadi Kursi

Demak, Jatengnews.id – Salah satu ekonomi kreatif yang terdapat di Desa Wisata (Deswita) Karangmlati, Kecamatan Demak, Kabupaten Demak yakni memanfaatkan ban bekas untuk membuat kursi.

Tidak hanya kursi, limbah ban yang berasal dari karet itu juga disulap menjadi barang-barang lain yang bisa dimanfaatkan dan bernilai ekonomis, seperti pot dan tempat sampah.

Baca juga: Dinas Pariwisata Demak Dorong Pengembangan Desa Wisata

“Orang melihatnya karet ini bahan yang tidak berharga, tapi kalau diolah dengan baik bisa ada nilainya,” ujar pengrajin kursi berbahan karet Yuharis Suhariman kepada Jatengnews.id belum lama ini.

Menurutnya bahan baku untuk pembuatan perabot sendiri ia mengambil dari sekitar Demak dan luar daerah, begitu juga dalam pemasaran.

“Kalau penjualan ya sampai wilayah Jepara, Kudus, Semarang, dan sekitarnya,” katanya.

Suhariman mencontohkan, dari wilayah Ambarawa Semarang sempat ada seorang kepala desa yang sempat memborong pot buatannya yang terbuat dari karet untuk mensukseskan salah satu program di desa.

Produk ekonomi kreatif Desa Wisata Karangmlati Demak. (Foto: dok).

“Memborong kurang lebih 75 buah pot karet di sini. Jadi setiap rumah di sana dikasih pot,” katanya.

Orang yang akrab disapa Haris itu juga mengatakan, beberapa mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) juga sempat membeli produk darinya untuk mendukung kegiatan KKN.

Sampai saat ini, haris memperkerjakan beberapa orang untuk membantu produksi. Meskipun usaha yang digelutinya membutuhkan keterampilan lebih ia tak segan-segan untuk membagikan ilmu yang dimiliki.

Baca juga: Dinpermasdes: Panitia Pilkades Desa Wonokerto Demak Berencana Mengundurkan Diri

“Sini ada bu-ibu PKK, kadang-kadang ada yang minta diajari proses pembuatan,” ucapnya.

Adapun jika anda berminat dengan produk berbahan limbah karet ban ini bisa datang langsung ke Desa Wisata Karangmlati, Demak. (Ad/Zaidi-02)

Berita Terkait

Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img

Berita Pilihan