34 C
Semarang
, 19 September 2021
spot_img

Pasien Covid-19 Disarankan Tidur Tengkurap Saat Sesak Nafas

Jakarta, Jatengnews.id – Dokter Spesialis Paru RSUP Persahabatan Jakarta, dr Praseno Hadi menyarankan agar pasien Covid-19 tidur tengkurap ketika merasakan sesak nafas saat di rumah.

“Untuk yang tidak bisa datang ke rumah sakit dan apalagi tidak mempunyai oksigen di rumah, maka salah satu caranya adalah cobalah tidur tengkurap. Tidur tengkurap secara berkala, lakukanlah selama setengah jam atau 1 jam, dilakukan berulang-ulang,” katanya Minggu (4/7/2021) dalam konferensi pers harian PPKM Darurat melalui kanal Youtube BNPB Indonesia.

Lebih lanjut disampaikan hal ini bertujuan untuk distribusi oksigen di dalam paru-paru menjadi lebih merata. Apabila pasien tidak mampu tidur tengkurap, posisi tidur miring ke kiri atau kanan juga bisa dilakukan.

Ia menjelaskan salah satu gejala atau tanda yang khas pada Covid-19 adalah sesak nafas. Hal ini dikarenakan pasien mengalami kekurangan oksigen akibat infeksi di paru-paru yang berlebihan.

BACA JUGA:  Meriahnya Wisata Takjil di Jalan Bhayangkara Demak

Dokter spesialis paru konsultan KIC dari Departemen Pulmonologi dan Kedokteran Respirasi FKUI ini menambahkan, bahwa alangkah baiknya masyarakat memiliki alat yang disebut pulse oximetri. Alat tersebut menurutnya saat ini penting untuk mengukur saturasi oksigen.

Dijelaskan, apabila ketika diukur saturasi oksigen pasien berada di bawah angka 90, maka itu tanda dirinya harus segera diberi oksigen.

“Kemudian tidur tengkurap, miring kanan, atau miring kiri. Kalau dengan usaha itu kita tidak bisa lakukan maka mau tidak mau kita harus membeli oksigen atau mengupayakan oksigen. Kalau tidak bisa juga mau tidak mau harus di rujuk ke rumah sakit,” pungkasnya. (Devan-01).

BACA JUGA:  Viral Video GP Ansor Demak Desak Bupati Tutup Tempat Karaoke

Berita Terkait

Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img

Berita Pilihan