28 C
Semarang
, 15 June 2021
spot_img

Percepat Aduan Publik, Dinkominfo Demak Komitmen Penanganan di Bawah 12 Jam

Demak, Jatengnews.id – Meski telah mendapat predikat terbaik pertama kategori instansi pemerintahan pada kompetisi Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik oleh Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) tahun 2020,┬áDinas Komunikasi dan Informatika (Dinkominfo) Kabupaten Demak┬áterus berusaha meningkatkan pelayanan publik terhadap aduan yang disampaikan.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Demak, Dra. Endah Cahyarini, M.M. menuturkan, bahwa salah satu titik berat prestasi yang diraih Dinkominfo karena adanya sebuah komitmen bersama dalam penyelesaian aduan kurang dari 24 jam melalui SP4N LAPOR.

Kemudian dilanjutkan pada hari Selasa (27/04/2021), bersamaan dengan evaluasi SP4N LAPOR! di Gedung Grhadika Bina Praja, dilaksanakan penandatanganan komitmen penindaklanjutan laporan melalui SP4N LAPOR (Hallo Demak) yang lebih cepat lagi oleh perwakilan Organisasi Perangkat Daerah serta pejabat pemerintahan Kabupaten Demak.

“Kita perbaiki layanannya menjadi kurang dari 12 jam. Harapannya, masyarakat bisa lebih terlayani dengan baik dan terpuaskan. Sehingga, masyarakat tidak harus menunggu lebih lama aduan yang disampaikan,” kata Kepala Dinkominfo Demak, Senin (03/05/2021).

Penjemputan aduan publik ke lapangan oleh tim Dinkominfo Kabupaten Demak (Foto: dok)

Menurutnya, komitmen pelayanan di bawah 12 jam bukanlah hal yang mudah dan membutuhkan tekad serta komitmen yang luar biasa. Namun, ini merupakan bukti kesungguhan Kabupaten Demak demi peningkatan pelayanan untuk masyarakat.

BACA JUGA:  Perempuan Semarang Diajak Aktif dalam Pengawasan Partisipatif

Dirinya juga optimis bahwa penanganan aduan publik di bawah 12 jam ini bisa dicapai. Bukan sekadar dari kepercayaan diri, optimisme. Ini hadir berdasarkan hasil dari data penanganan aduan publik di tahun 2020.

“Kemarin saja penanganan sudah ada dalam kurun waktu 16 jam. Perjalanan selama satu tahun kemarin juga sudah banyak memberikan pelajaran untuk kita semua,” tuturnya.

BACA JUGA:  Ombudsman Jateng Awasi Pengaturan Regulasi PPDB SMA/SMK 2021

Kepala Bidang Informatika dan Persandian Dinkominfo Demak, Harso Gutomo, S.T mengungkapkan bahwa Kemenpan RB sendiri memberikan standar batasan selama lima hari dalam penanganan pengaduan publik ini. Namun, di Kabupaten Demak sendiri sudah sejak program tersebut berjalan, diterapkan batas waktu 24 jam untuk mengeksekusi aduan publik tersebut.

Dirinya menyampaikan, tak banyak modifikasi yang dilakukan dalam komitmen penanganan aduan publik di bawah 12 jam. Secara sistem sendiri, tak ada perubahan dalam pelayanan aduan publik ini.

“Secara sistem sama saja, hanya monitoring oleh admin Dinkominfo dari pengadu kepada pejabat penghubung akan lebih ditingkatkan kecepatannya,” pungkasnya. (Adv/Devan)

Berita Terkait

Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img

Berita Pilihan