22.2 C
Semarang
, 2 August 2021
spot_img

Piala Eropa 2020, Belanda, Austria, dan Inggris Menang

Amsterdam, Jatengnews.id – Belanda menang dramatis atas Ukraina 3-2 pada laga grup C Piala Eropa 2020, di Stadion Johan Cruyff, Senin (14/6/2021) dini hari.

Jalannya pertandingan yang sengit dan cepat itu, di babak pertama tercatat Belanda lebih banyak menyerang. Namun hingga turun minum dua kesebelasan tersebut tak kunjung mampu menjebloskan bola ke gawang lawan.

Hingga di babak kedua akhirnya kebuntuan pun pecah, Gini Wijnaldum di menit ke-52 berhasil menyepak bola dengan kaki kiri dan berbuah gol. De Oranje pun semakin bersemangat, lantas di menit ke-58 Wout Weghorst berhasil menjebol gawang Bushchan, skor menjadi 2-0.

Tertinggal 2-0, Ukraina lalu mencoba terus membalas, melalui tendangan kaki kiri Andriy Yarmolenko yang mengakibatkan bola melengkung ke pojok kanan atas tanpa mampu dihalau Stekelenburg, akhirnya berbuah gol di menit ke-75. Kemudian selang beberapa menit, Roman Yaremchuk membuat gol untuk Ukraina melalui tandukannya. Skor pun imbang 2-2.

Akhirnya jelang peluit panjang disiulkan, di menit ke-85 sang tuan rumah Belanda mengunci kemenangan menjadi 3-2 berkat sundulan dari Denzel Dumfries. Atas kemenangan tersebut, Belanda sementara ada di posisi kedua klasemen dengan tiga poin, kalah selisih gol dari Austria di puncak klasemen usai menang atas Makedonia Utara 3-1.

Sementara itu, bek timnas Belanda Daley Blind yang memiliki riwayat sakit jantung mengaku hampir tidak ingin bermain setelah melihat insiden Christian Eriksen.

BACA JUGA:  Kompetisi Liga 1 2021 Resmi Ditunda

“Tentunya saya juga pernah mengalami hal yang sama di area itu, jadi saya harus melewati rintangan mental untuk bisa bermain hari ini. Saya harus membujuk diri sendiri untuk bermain, tapi saya bangga dengan keputusan saya, itu sebabnya emosi saya meluap usai pertandingan,” jelasnya dikutip Reuters.

“Andai (insiden Eriksen) tidak berakhir dengan baik, mungkin hal itu akan semakin menghantui pikiran saya lebih buruk. Ketika Eriksen mendorong rekan setimnya untuk kembali bermain, saat itu pula saya memutuskan bermain. Selain itu dokter mengatakan kondisi saya aman,” pungkasnya.

Laga lainnya grup C, Austria memetik kemenangan 3-1 atas Makedonia Utara di Stadion Arena Bukarest. Gol Austria dicetak oleh Stefan Lainer (18’), Michael Gregoritsch (78’) dan Marko Arnautovic (89’). Makedonia memperkecil melalui gol Goran Pandev (28’).

Ini merupakan kemenangan pertama Austria di Piala Eropa. Sedangkan untuk turnamen besar, ini menjadi kemenangan pertama Austria sejak mereka mengalahkan Amerika Serikat pada Piala Dunia 1990.

BACA JUGA:  Demokrat Prihatin Sikap Moeldoko yang Gugat Kemenkumham


Sementara itu Inggris menang tipis atas Kroasia 1-0 pada laga pembuka grup D Piala Eropa di Stadion Wembley Minggu (13/6/2021) malam. Gol tunggal Three Lions dicetak oleh Raheem Sterling.

Inggris untuk pertama kali sepanjang sejarah Piala Eropa memetik kemenangan di laga pembuka. Dalam delapan kesempatan sebelumnya mereka hanya mencatat lima imbang dan tiga kali kalah.(Nizar-02)

Berita Terkait

Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img

Berita Pilihan