25.8 C
Semarang
, 24 October 2021
spot_img

Polda Jateng Tindak Tegas Penimbun Obat-obatan di Masa PPKM Darurat

Solo, Jatengnews.id – Polda Jawa Tengah akan mengambil tindakan tegas terhadap penimbun obat-obatan, alat kesehatan, oksigen serta penyebar berita bohong (hoaks) di masa PPKM Darurat 3-20 Juli 2021.

Hal tersebut ditegaskan Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol Ahmad Luthfi dalam apel kesiapan Satgas Penanganan Covid-19 Polda/Kodam di halaman parkir Stadion Manahan Solo, Selasa (06/07/2021). Menurut Kapolda, saat ini beredar informasi bahwa ada oknum tertentu yang melakukan penimbunan alat kesehatan, obat dan oksigen di tengah pelaksanaan PPKM Darurat.

Dikatakan Kapolda, sangat tidak etis jika dalam situasi pendemi Covid-19 ada masyarakat yang menimbun oksigen, obat-obatan dan peralatan kesehatan.

“Dirkrimsus Polda Jawa Tengah  sedang melakukan mapping jika dijumpai ada penimbunan oksigen, obat dan peralatan medis. Kami akan tindak tegas sesuai dengan hukum yang berlaku,”tandasnya.

Kapolda juga menyoroti beredarnya  berita atau informasi yang tidak benar (hoaks, red) sehingga menimbulkan kegaduhan.

“Banyak beredar hoaks yang tidak sesuai fakta. Akibatnya menimbulkan kegaduhan di masyarakat. Ini akan kita sidik. Untuk itu, kami minta kepada wartawan untuk menyampaikan pemberitaan yang edukatif kepada masyarakat terkakait dengan PPKM Darurat ini,”jelasnya.

BACA JUGA:  Soal Keterlambatan Pembangunan Masjid Agung, Ini Kata Sekda Karanganyar

Kapolda juga mengakui bahwa PPKM Darurat ini membuat seluruh kegiatan masyarakat terkendala.  Kapolda meminta kepada seluruh masyarakat untuk tetap sabar serta melaksanakan protokol kesehatan dengan penuh kedisiplinan.

“Saat ini kasus Covid-19 cukup tinggi. Untuk itu, PPKM Darurat harus kita terapkan. Pemkab/Pemkot, TNI, Polri bergerak secara massif sehingga kita bebas dari Covid-19,”tandasnya.

BACA JUGA:  PPKM Darurat, Ditlantas Polda Jateng Lakukan Penguncian Perbatasan Jawa Tengah

Sementara itu, Pangdam IV Diponegoro Mayjen TNI Rudianto menyampaikan, akan melakukan penguatan terhadap kegiatan yang dilakukan oleh Pemkot terhadap pelaksanaan PPKM Darurat.

Kegiatan PPKM Darurat yang dilakukan Kota Surakarta sudah baik dan maksimal. Untuk mengoptimalkan pihaknya akan  memperkuat pelaksanaannya.

“Kita datangkan kendaraan water cannon, kendaraan penerangan keliling. Harapan kita semua bahwa PPKM dapat berjalan baik efisien dan maksimal, sehingga dapat menekan penyebaran Covid-19. Kami juga mohon kepada seluruh pemuka agama, masyarakat  untuk bersama-sama mengajak masyarakat medukung pelaksanaan PPKM Darurat ini,”ujar Pangdam. (Iwan-02)

Berita Terkait

Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img

Berita Pilihan