25.4 C
Semarang
, 22 October 2021
spot_img

POWERSLAVES Daur Ulang Lagu Lama Versi Baru

Semarang, Jatengnews.id – Band rock legendaris Powerslaves melanjutkan kampanye penyelamatan karya-karya lama mereka. Kali ini, “Jika Kau Mengerti (New Version)” dirilis melalui platform streaming digital sejak 7 September 2021.

“Versi orisinal lagu ini bersemayam di album keempat berlabel “Powerslaves” 2001,” kata Anwar Fatahillah salah satu personel yang memegang bass melalui keterangan tertulis yang diterima Jatengnews.id.

Anwar yang juga di dampingi, Heydi Ibrahim (vokal), Wiwiex Soedarno (kibor), dan Agung Yudha (drum) menyadari, merilis ulang karya lama akan menimbulkan reaksi dari kalangan penggemar.

“Ya, mereka biasanya lebih menginginkan kehadiran lagu orisinal terbaru alias bukan yang daur ulang,” tambahnya.

Tapi, satu hal yang harus dipahami adalah data master dari lima album pertama Powerslaves dimiliki pihak label yang menaungi mereka saat itu sehingga lagu-lagunya harus direkam ulang agar bisa diarsipkan di platform digital

“Lagu baru sangat memungkinkan dibuat karena materi dasar sudah ada beberapa dan bukan hal yang sulit bagi Powerslaves untuk membuat sebuah karya. Kami tidak mati ide. Kalau mau menggali karya Powerslaves enggak akan ada habisnya. Bukannya sombong. Kami sudah digembleng di zaman analog,” kata Anwar.

Lalu, apa yang Powerslaves lakukan kali ini agar lagu “Jika Kau Mengerti (New Version)” memiliki magnet yang mampu menarik animo pendengar?

“Versi sekarang ini jelas lebih full power, terutama dari teknik vokal Heydi Ibrahim di mana dia tidak lagi bernyanyi menggunakan falset seperti yang terdengar di album “Powerlsaves”. Dari segi keseluruhan sound (mixing dan mastering) juga lebih keluar roh rock-nya,” lanjut Anwar.

BACA JUGA:  Kenang Almarhum Prie GS, Ratusan Karya Kartunis Dipamerkan

Seperti versi orisinalnya, lagu “Jika Kau Mengerti (New Version)” masih menampilkan bebunyian kibor yang cukup dominan di sekujur komposisi. Bedanya, dulu dieksekusi oleh Edot, sekarang dimainkan Wiwiex Soedarno. Bagaimana pendekatan Wiwiex saat mengeksekusi lagu ini?.

“Saya berusaha mempertahankan not yang sudah cukup lama melekat di kuping pendengar dengan melakukan eksplorasi sound yang lebih kekinian juga dengan pola yang lebih modern,” tutur Wiwiex Soedarno.

BACA JUGA:  Semarang Sansevieria Community Gelar Kontes "Lidah Mertua"

Sebagai kibordis salah satu band rock besar di Indonesia, Wiwiex tentunya sudah memiliki karakter kuat. Namun, khusus dalam “Jika Kau Mengerti (New Version)” ia harus berpikir dan berjiwa bijaksana untuk tidak melakukan perubahan signifikan karena lagu ini pernah meledak pada eranya. Apalagi yang membawakannya masih Powerslaves, bukan band lain, sehingga ciri khas itu harus dipertahankan.

“Yang membedakan versi orisinal dengan versi baru lebih ke sound meskipun basicnya sama yaitu piano Hammond. Tapi, orkestrasinya sekarang saya buat lebih berasa live,” tandas Wiwiex.

Barisan lirik “Jika Kau Mengerti (New Version)” ditulis oleh Heydi Ibrahim. Lagu ini bercerita tentang perpisahan yang terinspirasi dari kisah nyata kibordis Powerslaves di album “Powerslaves”. Proses rekaman lagu ini dilakukan di Royale Studio, Jakarta Selatan, proses editing-nya di KS Studio, sedangkan mixing dan mastering di Yogyakarta. Untuk isian gitar, kembali dimainkan oleh additional guitarist mereka, Ambang Christ. (01).

Berita Terkait

Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img

Berita Pilihan