33 C
Semarang
, 29 July 2021
spot_img

Putus Dominasi PSG, Lille Juara Ligue 1 2020-2021

Paris, Jatengnews.id – Lille meraih juara Ligue 1 musim 2020-2021. Tim berjuluk Les Dogues ini meraih tahta kasta tertinggi kompetisi sepakbola Prancis.  Les Dogues mengakhiri dominasi PSG (Paris Saint-Germain).

Perlu diketahui klub kaya PSG merupakan juara Ligue 1 tujuh kali selama sedekade terakhir. Dalam kurun waktu tersebut hanya ada Montpellier (2011-2012) dan AS Monaco (2016-2017) sebagai klub-klub yang pernah memenanginya selain PSG.

Lille memastikan titel juara itu usai menang 2-1 di markas Angers pada pekan 38, Senin (24/05/2021) dini hari WIB melalui dua gol Jonathan David (10′) dan Burak Yilmaz (45+1′ penalti) yang diperkecil Angelo Fulgini (90+2′).

Sedangkan laga lainnya, kemenangan 2-0 PSG atas Brest melalui dua gol Romain Faivre (bunuh diri 37′) dan Kylian Mbappe (71′) tidak ada pengaruhnya di klasemen. Pasalnya Lille tetap memimpin puncak klasemen dengan 83 poin dan PSG di urutan dua (82 poin), sedangkan di urutan tiga ada Monaco (78 poin).

Keberhasilan Lille yang dibesut Christophe Galtier memenangi titel Ligue 1 jadi yang pertama mereka raih sejak terakhir meraihnya pada musim 2010-2011. Lille konsisten bermain dan stabil di urutan satu klasemen dengan catatan 24 kemenangan, 11 hasil imbang, dan tiga kekalahan.

BACA JUGA:  Usai Terima Remisi, Warga Binaan Lapas Terbuka Kendal Bersemangat Bekerja

Lille tercatat sebagai peracik pertahanan terbaik dengan catatan 23 kebobolan dari 38 pertandingan. Kuatnya duet bek asal Belanda, Sven Botman dengan bek berpengalaman, Jose Fonte menjadi kunci kuatnya pertahanan Lille. Botman bahkan sudah diincar banyak klub kaya di Eropa.

Kesuksesan Lille menyabet titel Ligue 1 juga spesial jika mengingat fokus mereka sempat terbagi ke Liga Europa sebelum disingkirkan oleh Ajax Amsterdam di 32 besar.

“Mengalahkan PSG dalam perebutan titel Ligue 1 sangatlah hebat. Kepada ibu yang tengah berada di pusat rehabilitasi, saya mengirimkan kepada Anda rasa cinta,” kata sang pelatih Lille Galtier dikutip dari Get France Football.

BACA JUGA:  24 Polisi Pantau Prokes di Wisata Tawangmangu

“Ayah yang ada di atas sana, titel Ligue 1 ini untuk Anda. Titel ini sangatlah hebat. Luis Campos (eks Direktur Olahraga Lille) adalah arsitektur tim ini. Saya tak bisa memberitahu Anda betapa saya mencintai skuad ini. Saya sangat mencintai mereka,’’tambahnya.

Lille akan mewakili klub dari Prancis di Liga Champions musim depan bersama PSG dan Monaco. Olympique Lyonnais akan bermain di Liga Europa setelah finish di urutan empat klasemen dan akan ditemani oleh Olympique Marseille, sementara Stade Rennes bermain di Liga Conference.(02)

Berita Terkait

Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img

Berita Pilihan