25.8 C
Semarang
, 24 October 2021
spot_img

Segarnya Dawet Lele Khas Wisata Desa Tlogoweru, Hanya Rp 5 Ribu

Demak, Jatengnews.id – Setiap daerah tentu memiliki kuliner khasnya masing-masing. Tak terkecuali Desa Tlogoweru, Kecamatan Guntur, Kabupaten Demak yang memiliki kuliner khas yaitu dawet lele.

Kepala Desa Tlogoweru Soetedjo mengatakan, bahwa inovasi penciptaan minuman dawet lele sebagai kuliner khas Tlogowero berawal dari Budi Daya Ikan lele yang ada di Tlogoweru.

“Jadi kami mengembangkan dari budi daya lele yang sudah berjalan, kemudian kami berinovasi mengolah lele jadi kuliner, terciptalah dawet lele,” katanya saat ditemui di rumahnya, Kamis (16/9/2021).

Menurutnya, dawet lele Tlogoweru yang dibuat, memiliki rasa khas dawet pada umumnya. Yaitu perpaduan rasa antara santan dan gula sangat kental. Sedangkan, meskipun terbuat dari daging ikan lele, dawet lele tersebut, tidak membawa bau amis sedikitpun.

“Cara membuat dawet lele yaitu ikan lele diambil dagingnya, kemudian di blender sampai halus, terus dicampurkan tepung, seperti proses membuat cendol itu, tapi mayoritas dari daging. Dawet lele khas Tlogoweru, saya jamin tidak ada bau amis saat dikonsumsi,” tutur pria berusia 60 tahun tersebut.

BACA JUGA:  Jokowi Resmikan Rumah Sakit Jenderal TNI LB Moerdani

Ia menambahkan, siapapun yang mengonsumsi dawet lele Tlogoweru pasti sehat.

“Karena meskipun kita minum dawet, tapi kan itu terbuat dari daging lele, di mana jelas itu protein yang masuk ke tubuh kita,” imbuhnya.

Untuk bisa menikmati dawet lele Tlogoweru, Ia mengatakan wisatawan cukup merogoh kocek Rp 5 ribu/gelas.

“Harga Rp 5 ribu itu harga untuk dawet lele murni ya, kalau ada tambahan duren, dan nangka itu beda lagi,” jelasnya.

BACA JUGA:  Jokowi Resmikan Rumah Sakit Jenderal TNI LB Moerdani

Ia menyampaikan saat ini dawet lele belum dipasarkan secara bebas. Ke depan pihaknya akan menjualnya dengan sistem paket wisatawan yang datang ke Tlogoweru.

“Jadi kalau mau dawet lele Tlogoweru, sementara ini bisa pesan dulu. Nanti kami buatkan. Untuk jangka panjang, dawet lele Tlogoweru, akan kami masukkan dalam paket wisata,” paparnya (Adv/Sukri-01).

Berita Terkait

Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img

Berita Pilihan