30 C
Semarang
, 24 October 2021
spot_img

Tingkatkan Ekonomi Masyarakat, Sandiaga dan Gibran Kembangkan Ekonomi Kreatif

Solo, Jatengnews.id – Untuk meningkatkan perekonomian masyarakat Kota Solo, Menteri Pariwisata Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahudin Uno dan Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka mengembangkan kesenian dan ekonomi kreatif.

Sandiaga Uno mengatakan hal ini saat melakukan kunjungan kerja ke Kota Solo Sabtu (09/10/2021). Pekerjaan yang bersifat seni sangat banyak di Kota Solo. Sandiaga mencontohkan para perajin wayang serta alat kesenian lainnya.

“Lapangan kerja yang tercipta ternyata cukup banyak. Misalnya untuk membuat satu set wayang. Kesenian wayang ternyata tidak hanya terpaku pementasan, tetapi pembuatan wayang dan perangkat lainnnya yang menyerap tenaga kerja,”kata Sandiaga.

Terkait ini pihaknya juga melakukan pendampingan dan pelatihan guna meningkatkan ketrampilan.
“Inovasi dan adaptasi dengan situasi pandemi ini harus disesuaikan,” ujarnya.

Sandiaga menuturkan,  untuk pementasan dilakukan secara hybrid, baik yang live dan juga yang off air juga berpotensi membuka pekerjaan baru.
“Untuk yang off air memang dibatasi namun, diharapkan dengan pementasan online bisa banyak yang melihatnya. Nanti kita atur, kalau hybrid kita bisa gratiskan dan yang offline juga kita minta membayar,” tukasnya.

BACA JUGA:  Warga Solo Terima Bansos, Vaksinasi Massal dan Pelatihan UMKM

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka menyampaikan, saat ini  Solo masuk ke dalam level 2 kasus Covid-19. Dengan terjadinya penurunan level tersebut, pihaknya mulai mengizinkan  pementasan namun dengan cara hybrid.
Ditambahkannya,  dengan mula diizinkannya pementasan kesenian diharapkan dapat meningkatkan perekonomian masyarakat Solo.

BACA JUGA:  BPS Pilih Karanganyar Jadi Pilot Project Sensus Pertanian 2023

“Kita sudah berhasil turun ke level 2 dan kita harapkan bisa memulai pementasan walaupun terbatas. Saya juga mengucapkan terima kasih ke Menparekraf untuk saling mendukung kegiatan pementasan kesenian untuk  pemulihan ekonomi masyarakat,”pungkasnya. (iwan-02).

Berita Terkait

Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img

Berita Pilihan