28 C
Semarang
, 15 June 2021
spot_img

Tinjau Jalan Tol Semarang-Demak, Jokowi: Kita Harapkan Segera Selesai

Demak, Jatengnews.id – Presiden Joko Widodo meninjau pembangunan Ruas Jalan Tol Semarang-Demak, Jumat (11/6/2021). Jokowi berharap, Jalan Tol Semarang-Demak ini bisa segera rampung. Menurutnya pembangunan tersebut tak hanya sebagai akses penghubung, namun juga memiliki manfaat lain. Ia menuturkan, jalan tol ini mampu mendorong pertumbuhan ekonomi di Provinsi Jawa Tengah.

“Keistimewaan jalur tol ini adalah multifungsi. Selain meningkatkan konektivitas, Jalan Tol Semarang-Demak seksi 1 ini juga akan berfungsi untuk pengendalian banjir rob. Dengan adanya fungsi kolam retensi dan adanya nanti tanggul laut, dan pengembangan area yang tadinya terendam menjadi kering,” ungkapnya.

“Seperti yang kita lihat sekarang ini, yang masih terendam nantinya semuanya akan kering dan bisa digunakan baik untuk kawasan industri dan pendukungnya, serta pusat-pusat pertumbuhan ekonomi baru,” imbuhnya.

Ia mengatakan bahwa jalan tol tersebut merupakan bagian dari jaringan tol Jawa koridor Pantai Utara Jawa.

BACA JUGA:  Ganjar Dukung Kudus Dua Hari di Rumah Saja, Warga Diminta Patuh

“Koridor ini akan menghubungkan Semarang, Demak, Rembang, Tuban, dan Gresik. Dan untuk yang ruas Gresik- Surabaya sudah terhubung jalan tol dan telah dioperasikan,” ungkapnya.

Jokowi menjelaskan, panjangnya jalan tol yang dibangun ialah 26,7 KM. Dengan seksi satu yaitu perjalanan Kaligawe-Sayung sepanjang 10,39 KM dan seksi dua Sayung-Demak sepanjang 16,31 km.

Lebih lanjut, ia menuturkan pembangunan seksi satu merupakan dukungan dari pemerintah dan seksi yang kedua menggunakan skema KPBU.

BACA JUGA:  Kisah Perjuangan Irna Harumkan Nama Kendal Melalui Ajang Tarik Suara

“Jalan tol ini kami harapkan bisa mengurangi kemacetan lalu lintas secara signifikan, Kaligawe dan Bandar Udara Ahmad Yani yang sudah berpuluh-puluh tahun selalu macet. Karena kendaraan-kendaraan besar yang semuanya lewat di jalur ini,” tandasnya. (Devan-02)

Berita Terkait

Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img

Berita Pilihan