30 C
Semarang
, 24 October 2021
spot_img

Tumbuhkan Rasa Aman Belanja di Pasar Mranggen, Dindagkop UKM Gelar Vaksinisasi Pedagang dan Pengunjung

Demak, Jatengnews.id – Vaksinasi menjadi kunci penting untuk membuat masyarakat kembali beraktivitas normal kembali, terutama di pasar tradisional. Dinas Perdagangan Koperasi dan UKM (Dindagkop UKM) Kabupaten Demak bekerjasama dengan Dinas Kesehatan melalui Puskesmas Mranggen I pun berinisiatif melakukan vaksinasi kepada pedagang Pasar Mranggen.

Vaksinasi yang digelar di balai pertemuan Pasar Mranggen di padati antrian pedagang maupun pengunjung yang ingin mendapatkan vaksin dosis pertama maupun kedua. Dimulai dari pukul 08.00 WIB hingga pukul 12.00 WIB para pengguna pasar sangat antusias mengikuti vaksinisasi. Bahkan sebelum dibuka mereka telah memadati kursi antrian yang telah disediakan petugas.

“Pedagang maupun pembeli pada vaksinisasi kali ini memang sangat antusias. Tidak seperti dahulu yang harus kita edukasi terus menerus,” ujar Kepala UPTD Pasar Mranggen, Budi Widyaningsih, S.Pd.MM, saat memantau kegiatan vaksinisasi.

Menurut Widi sapaan akrabnya, vaksinasi di pasar Mranggen telah dilakukan tiga kali ini. Vaksinisasi pertama dan kedua, kata Widi, masih banyak masyarakat pasar yang merasa takut dan tidak mengikuti vaksinisasi.

Kepala UPTD Pasar Mranggen, Budi Widyaningsih, S.Pd.MM. (Foto: Nizar)

‚ÄúPedagang pasar perlu untuk divaksinasi karena mereka yang sering berinteraksi dengan masyarakat. Sehingga setelah mendapatkan vaksin bisa aman dalam berjualan dan tidak ada yang terpapar Covid-19,” tuturnya kepada jatengnews.id.

Untuk mendapatkan vaksin, para pedagang maupun pengunjung pasar cukup dengan menyerahkan foto copy KTP. Dimana vaksinisasi di pasar Mranggen kali ini tidak dibatasi kuota. Dengan diperuntukkan bagi masyarakat yang akan vaksinisasi dosis pertama dan kedua jenis Sinovac dan Modena.

BACA JUGA:  Pendaftaran CPNS dan P3K di Karanganyar Diundur, Ini Kata Kepala BKPSDM!

Lebih lanjut Widi menjelaskan, meskipun masyarakat pengguna pasar telah mendapatkan vaksin, pihaknya tetap meminta pengunjung agar memperhatikan protokol kesehatan. Dimana saat ini indikator meningkatnya transaksi di Pasar Mranggen mulai terlihat dan diharapkan tidak ada penularan virus Covid-19.

“Dengan keberhasilan dalam program vaksinasi untuk menangani Covid-19, berarti juga keberhasilan pemerintah dalam memulihkan ekonomi. Hal inilah yang menjadi prestasi tersendiri bagi kami dan di Pasar Mranggen hampir semua pedagang telah di vaksin,” tegasnya.

BACA JUGA:  Insentif Tenaga Kesehatan Mencapai Rp 32 Miliar

Salah satu pedagang yang turut mengantri vaksin Covid-19, Nur Hanisah menuturkan, sangat terbantu dengan adanya vaksin di pasar. Mengingat ia tidak bisa berlama-lama mengantri vaksin diluar pasar hingga meninggalkan jualannya.

Menurut Nur, adanya vaksinisasi di pasar juga memberikan efek psikologis bagi para pedagang maupun pembeli yang kini bisa saling merasa aman. Sehingga surplus penjualan pun semakin naik memperbaiki perekonomian.

“Baru dosis pertama ini. Dulu sempat takut, tapi memang harus di vaksin agar saling merasa aman antara penjual dan pembeli. Dari tadi sebelum buka sudah antri biar segera di vaksin karena Alhamdulillah pasar sudah mulai ramai pengunjung,” pungkasnya. (Adv/Nizar-01).

Berita Terkait

Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img

Berita Pilihan